Beijing Berjuang Keras Tekan Tingkat Kebocoran Air

Sumber:Majalah Air Minum - 31 Agustus 2008
Kategori:Air Minum

Penurunan tingkat kehilangan air telah ditetapkan sebagai prioritas oleh Beijing Capital Co Ltd, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan dan pengoperasian perusahaan air minum. Penetapan itu diambil sejak perusahaan tersebut menguasai lima perusahaan air minum pada tahun 2004- 2005 dengan tingkat kehilangan air rata-rata 35,2%.

Satu setengah tahun sejak perusahaan itu melancarkan program penanggulangan, tingkat kehilangan air di Mashan dan Tongling, dua di antara kelima perusahaan air minum tadi, turun 5% dan 4,7%.

Masalah kehilangan air selama ini merupakan tantangan yang sangat berat di lingkungan perusahaan air minum di negeri Cina, baik di kota-kota besar, sedang maupun kecil. Di hampir seluruh penjuru Cina, perusahaan-perusahaan air minum tumbuh dan berkembang dengan pesat, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang dahsyat di negeri itu. Itu sejalan pula dengan urbanisasi dan konsentrasi penduduk di kota-kota besar.

Secara keseluruhan, kapasitas produksi perusahaan-perusahaan air minum perkotaan naik rata-rata 3,06% setahun selama dasawarsa yang lalu. Pada tahun 2006, kapasitas produksi telah mencapai 269,61 juta meter kubik per hari, meningkat 9% dibandingkan dengan 247,2 juta meter kubik per hari pada tahun 2005.

Panjang pipa secara keseluruhan meningkat rata-rata 7,8% per tahun selama dasawarsa yang lalu. Tahun 2006, panjang pipa mencapai 430.300 km, meningkat 13,46% dibandingkan dengan tahun 2005 sepanjang 379.000 km.

Kehilangan Air Meningkat

Sementara itu kesenjangan antara jumlah produksi air dengan air terjual semakin besar, suatu pertanda terjadi kehilangan air yang semakin meningkat.

Menurut perhimpunan perusahaan air minum dan drainase perkotaan, tingkat kebocoran rata-rata jaringan pipa perusahaan-perusahaan air minum pada tahun 2004 adalah 18,4%. Tingkat kebocoran itu meningkat menjadi rata-rata di atas 20% di sekitar 300 kota, dan di atas 30% untuk sekitar 126 kota. Kebanyakan kota-kota tersebut terletak di timur laut dan barat laut negeri itu, di mana air baku agak sulit diperoleh.

Data statistik memperlihatkan, tingkat kebocoran di jaringan pipa kota-kota besar lebih rendah dibandingkan dengan di kota-kota kecil.

Tingkat kebocoran jaringan perpipaan sulit diukur secara teliti. Perusahaan air minum di Cina pada umumnya menggunakan selisih antara produksi dan penjualan untuk melukiskan efektivitas pelayanan air minum dan efisiensi upaya penurunan kehilangan air. Menurut prinsip analisis perimbangan air dari International Water Association, air yang terpakai tapi tidak terbayar dan air yang hilang dikategorikan sebagai air tak berekening (NRW - non revenue water). Menurut ketentuan yang berlaku di Cina, seluruh rumah tangga harus dipasok dengan air minum. Sejalan dengan itu, di tempat pemakai air harus dipasangi meter air, dan rekening air harus dibayar berdasarkan hasil bacaan meter air. Pemerintah lokal diwajibkan memberikan kompensasi yang sewajarnya atas pemakaian air kelompok masyarakat tertentu. Maka apa yang disebut sebagai air tak berekening itu dapat dianggap tidak ada alias nihil dan air yang tak tertagih dimasukkan sebagai kehilangan air.

Kewajiban manajemen hanya mengontrol kehilangan air secara fisik.

Kehilangan air dibagi menjadi kehilangan air secara manajemen dan kehilangan air secara fisik. Golongan tersebut terakhir terjadi di sarana berupa sambungan-sambungan pipa, dan pipa distribusi dalam kondisi operasional yang normal. Kehilangan air secara manajemen atau secara komersial adalah kehilangan air yang disebabkan oleh hal-hal lain, dan ini bisa sangat berbeda. Tetapi kebanyakan penyebab itu sangat berkaitan dengan kesalahan prosedural manajemen atau kegagalan melaksanakan prosedur manajemen secara ketat.

Jenis-jenis Penyebab

Berikut adalah jenis-jenis penyebab kehilangan air secara manajemen di Cina:

• Pendaftaran pengguna air terlambat atas sejumlah pelanggan baru, ataupun yang dikategorikan sebagai pelanggan yang berganti yang menyebabkan perusaha¬an air minum tak dapat menagih rekening tepat pada waktunya atau berdasarkan penggolongan tarif yang tepat.
• Jenis meter air tidak cocok, tingkat akurasinya rendah, atau kalibrasi, pemeliharaan dan pergantian meter air tidak terlaksana sebagaimana mestinya.
• Pembaca meter main taksir, atau pelanggan tidak membayar rekening tepat waktu.
• Penggunaan air di perkantoran pemerin¬tah lokal, penyiraman kebun atau indus¬tri pemadam kebakaran tidak ditakar dengan meter air, atau tidak dibayar sejalan dengan prosedur yang berlaku.
• Estimasi toleransi pada pencucian pipa terlalu tinggi ataupun yang tumpah pada pengisian tangki air.
• Sambungan liar atau penggunaan air tanpa meter air.

Penyebab-penyebab kehilangan air secara fisik:

• Kebocoran pada sambungan pipa, hidran dan valve karena penyambungan dan pemeliharaan yang sembarangan.
• Pipa atau tangki air bocor karena terbuat dari bahan yang tidak bermutu, pipa dan peralatan yang tua atau karena tekanan yang berlebihan.
• Kehilangan air selama terjadi kerusakan atau selama perbaikan secara darurat.
• Penggunaan air pada penggelontoran pipa dengan prosedur yang tidak normal
• Kebocoran karena tekanan yang terlalu tinggi pada jaringan perpipaan dan tekanan yang muncul secara tak wajar.

Langkah-langkah

Menyusul penguasaan atas lima perusahaan air minum tersebut di atas, Beijing Capital Co Ltd menyusun proyek pengelolaan air di Huinan berupa penelitian spesifik atas kehilangan air.

Menurut data tahun 2005, Beijing Capi¬tal memperkirakan bahwa perbedaan rata¬rata tingkat produksi dan penjualan di kelima perusahaan air minum itu adalah 35,2%, dan masing-masing 36,5% dan 35% di Maanshan Water Supply Company dan Tongling Water Supply Company, dan 42,1% pada Huinan Water Supply Company.

Untuk proyek Huinan difokuskan pada hal-hal mendasar:
• Mendeteksi dan memosisikan jaringan dan fasilitas di perkotaan
• Penelitian individual dan wawancara para pengguna
• Pemasangan dan penggantian 11 meter air ukuran besar pada titik-titik aliran di tiga instalasi
• Penyelesaian pemasangan meter air 100% di rumah-rumah penduduk, usaha-usaha niaga dan industri
• Membentuk tim pengendali pasokan air untuk mencegah penggunaan air secara ilegal dan penagihan rekening yang sudah lama.

Semua upaya itu mendasari program pengelolaan kehilangan air secara komprehensif. Sejak September 2006 menyusul Rencana Lima Tahun yang ke-11 bantuan teknik yang diprakarsai oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Beijing Caital Co Ltd memulai proyek penanggulangan kehilangan air di Maanshan dan Tongling dengan tujuan mengurangi kesenjangan antara produksi dan penjualan, seraya meningkatkan konservasi energi. Proses empat langkah untuk penanggulangan kehilangan air disusun sebagai berikut:

• Langkah I menerapkan analisis perimbangan air untuk menganalisis serta menanggulangi baik kehilangan secara komersial maupun secara fisik, dan mendedikasikan penanggulangan kebocoran air dan mengurangi pertanggungjawaban kepada tiap bagian di perusahaan
• Langkah 2 adalah menentukan target, taktik, kriteria audit atas penanggulangan kehilangan air, dan mengatur pelaksanaannya.
• Langkah 3 ialah menetapkan target penanggulangan kehilangan air secara fisik serta mengukur dan mengatur pelaksanaannya
• Langkah 4 ialah menyiapkan pedoman manual penanggulangan kehilangan air, prosedur pengelolaan, spesifikasi teknis dan manual operasional, dan membuat standardisasi pekerjaan menanggulangi kehilangan air.

Penghematan Air

Penanggulangan kehilangan air meliputi semua elemen produksi mulai dari intake hingga ke titik-titik konsumen, termasuk pengaliran air, pengolahan, distribusi dan tekanan. Kualitas pipa dan semua sarana, bangunan, tingkat pengelolaan sehari-hari, kondisi meter air, metode pemberian fee atas penagihan, pembagian tekanan pada jaringan, dan juga pengelolaan distribusi air yang sewajarnya, semua secara langsung berdampak pada tingkat kehilangan air.

Jenis sistem informasi yang dianut untuk sistem suplai dan distribusi air juga bisa berdampak pada pelaksanaan metode penanggulangan kehilangan air.

Setelah hampir 1 hingga 1,5 tahun jalan¬nya upaya penanggulangan itu, perusaha¬an air minum Maanshan dan Tongling telah mengalami penurunan kehilangan air secara signifikan. Dibandingkan dengan kondisi 2006, kesenjangan antara produksi dan penjualan telah turun 5% di Maanshan dan 4,7% di Tongling. Sambil melancarkan penanggulangan dan taktik penurunan kehilangan air, Beijing Capital secara pro¬aktif juga menerapkan metode-metode, penelitian dan pengujian atas kebocoran fisik.

Penelitian atas teknik penanggulangan kehilangan air dan aplikasinya di perusahaan air minum Maanshan dan Tongling telah pula berhasil memunculkan sumber-¬sumber teknik substansial untuk proyek-¬proyek selanjutnya yang diprakarsai oleh Rencana Lima Tahunan yang ke- 11. Beijing Capital akan memperkuat program penang¬gulangan kehilangan air, dan secara berke¬lanjutan akan mengurangi kesenjangan antara produksi dan penjualan dengan membentuk sebuah model berdasarkan studi kasus di perusahaan air minum Maanshan dan Tongling dalam tiga tahun mendatang. Victor Sihite



Post Date : 31 Agustus 2008