Bekasi Fasilitasi Pengolahan Sampah di 973 RW

Sumber:Republika - 24 Oktober 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, akan memfasilitasi sarana dan prasarana pengolahan sampah bagi 973 RW di wilayah setempat untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Sarana prasarana tersebut, seperti mesin pencacah sampah, gerobak motor, hing ga pelatihan penanganan sampah oleh tim ahli. 
 
Kepala Bidang Pendataan Pengembangan Persampahan Dinas Kebersihan Kota Bekasi Ratim Rukmawan mengatakan, persoalan sampah di wilayah setempat harus ditangani ber sama masyarakat untuk meringankan beban kerja pemerintah. Saat ini, Dinas Kebersihan sedang menyiapkan konsep pengolahan sampah berbasis RW. 
 
"Ditargetkan bisa dioperasikan pada tahun 2013 mendatang. Setiap RW nantinya akan disediakan mesin pengolah sampah," kata dia, Selasa (23/10).
 
Menurut dia, mesin tersebut akan bekerja memilah sampah organik dan non-organik. Tujuannya, agar sampah tersebut bisa didaur ulang menjadi produk yang berguna dan layak pa kai. "Misalnya, daur ulang sampah menjadi pupuk, barang kerajinan tangan, biji plastik, dan lainnya," ujar dia.
 
Menurut Ratim, upaya tersebut diharapkan dapat menekan jumlah titik pembuangan sampah liar yang ada di berbagai ke camatan yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 115 lokasi. (antara)


Post Date : 24 Oktober 2012