Belanda Hibahkan USD519 Ribu untuk Proyek MDGs

Sumber:Koran Sindo - 19 April 2007
Kategori:MDG
JAKARTA(SINDO) Pemerintah Kerajaan Belanda mengibahkan dana sebesar USD519.200 kepada Pemerintah Indonesia untuk mendukung proyek Millennium Development Goals (MDGs).

Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Nikolaos van Dam mengungkapkan, ada beberapa masalah yang menjadi perhatian MDGs. Di antaranya, masalah pendidikan, kemiskinan,dan pasokan air bersih. Dari laporan yang saya terima, rata-rata populasi Indonesia menghabiskan 18% pendapatan mereka untuk membeli air minum, ini menunjukkan betapa pentingnya air bersih bagi masyarakat Indonesia, jelasnya seusai penandatanganan MoU antara Partnership for Governance Reform dan Duta Besar Khusus PBB untuk MDGs kawasan Asia Pasifik Erna Witoelar di Jakarta,kemarin.

Dia mengungkapkan, salah satu program yang telah dilakukan MDGs adalah meningkatkan akses informasi melalui media massa. Nikolaos menilai, media massa merupakan salah satu alat yang sangat efektif,yaitu informasi lebih mudah diterima oleh semua kalangan. Sementara itu,Duta Besar Khusus PBB untuk MDGs kawasan Asia Pasifik Erna Witoelar menyambut baik dukungan dana dari Kerajaan Belanda.Apa yang dilakukan Belanda sesuai dengan tujuan MDGs, yakni mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan, tegasnya.

Dana tersebut, menurut dia,selain digunakan untuk kampanye di media massa, juga akan digunakan untuk pelatihan lembaga swadaya masyarakat (LSM) 0di tingkat kota. Ada pelatihan bagi LSM untuk melakukan monitoring anggaran dan pelaksanaan iklan di radio, televisi, dan media cetak, tuturnya.Pada tahun 2000,Pemerintah Indonesia bersama dengan 188 negara lain menandatangani Deklarasi Milenium untuk berkomitmen mencapai delapan MDGs atau Tujuan Pembangunan Milenium pada 2015. Dari kedelapan MDGs tersebut,Erna menilai,kelestarian lingkungan merupakan masalah paling besar yang dihadapi oleh negara-negara di dunia,termasuk Indonesia. Yang terjadi saat ini adalah,kecepatan kerusakan lingkungan lebih cepat dari pemulihannya. Harus ada upaya khusus untuk mengatasinya, tandasnya.(maya sofia)



Post Date : 19 April 2007