Belasan Rumah di Polewali Terendam Banjir

Sumber:Koran Sindo - 13 Desember 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
POLEWALI – Belasan rumah yang ada di areal persawahan Kecamatan Polewali,Kabupaten Polewali Mandar (Polman) terendam air. Hal itu disebabkan hujan deras yang terjadi sepanjang malam hingga pagi, kemarin. Pantauan SINDO, belasan rumah yang terendam banjir itu ada di berbagai wilayah dalam kota Polewali. Sekitar delapan rumah yang terletak di Jalan Baru,terendam banjir. 
 
Beberapa rumah lainnya di Kelurahan Mammi, juga ikut terendam. Rumah warga yang terendam banjir itu ada di areal persawahan. Sementara, di Jalan Baru, air memasuki rumah warga lantara saluran irigasi persawahan yang meluap menggenangi sawah hingga rumah warga. 
 
Di Kelurahan Mammi, air menggenangi jalanan hingga ketinggian setengah meter dan merendam beberapa rumah. Itu diakibatkan aliran sungai kecil yang merupakan aliran sungai Mammi meluap. “Kalau di sini (wilayah Mammi),kalau hujan,air pasti menggenangi jalan. Apalagi jika intensitas curah hujan cukup tinggi,” jelas Abang, salah satu warga Mammi, saat ditemui SINDO,kemarin. 
 
Hal senada dikatakan Ardi, 27,warga Jalan Baru yang rumahnya digenangi air.Air yang menggenangi rumahnya terjadi akibat luapan air dari saluran irigasi sawah. Dikatakannya, air yang menggenangi lantai rumahnya terjadi sejak kemarin malam, hingga sore.Dengan kondisi itu, ia terpaksa membiarkan rumahnya digenangi air hingga kering dengan sendirinya.
 
Sebab, jika harus menimba air yang masuk ke rumahnya, tetap saja akan dimasuki air,karena lantai rumah lebih rendah dari daratan yang digenangi air. “Biasanya, kalau air masuk, kita biarkan saja dulu hingga kering dengan sendirinya,”jelas Ardi. Air yang menggenangi rumah Ardi itu seakan menjadi hal yang biasa dialaminya beserta beberapa rumah lainnya. Apalagi jika hujan deras hingga berjam-jam. andi indra


Post Date : 13 Desember 2012