Bila Septic Tank Sudah Penuh

Sumber:Serial Rumah - Edisi Kamar Mandi Sehat / Okt 2006
Kategori:Sanitasi
Masalah yang kerap terjadi pada septic tank adalah saluran mampat atau tangki penuh. Bila sudah demikian, septic tank tidak bisa menguraikan limbah dengan baik. Untuk mengatasi septic tank yang penuh, Anda bisa memanggil jasa pengurasan septic tank. Akan tetapi cara ini tergolong konvensional dan mernerlukan dana yang tidak seclikit.

Cara lain yang bisa Anda pilih adalah menggunakan bahan pengurai berbentuk cairan. Bahan ini efektif menguraikan limbah yang mengendap di dalam septic tank. Sekarang sudah ada beberapa bahan pengurai yang dapat dijumpai di pasaran, seperti Septikur atau Roto Rooter.

Proses kerja penguraian/dekomposisi limbah septic tank dengan bahan pengurai ini dibantu oleh mikroorganisme yang terkandung di dalam bahan tersebut. Mikroorganisme ini tergolong anaerob yang bekerja tanpa memerlukan oksigen.

Cara pernakaian Septikur bila septic tank belum terlalu penuh adalah dengan menuangkan 500 ml cairan tersebut ke dalam kloset tanpa dicampur dengan bahan lain. Setelah itu, siram kloset dengan air supaya bahan pengurai bisa masuk ke septic tank. Takaran bahan ini digunakan untuk septic tank dengan ukuran 1 2 ml. Sebaiknya proses penuangan dilakukan setiap dua bulan sekali.

Jika septic tank sudah penuh, Anda dapat menggunakan bahan pengurai ini dengan takaran 1.000 1.500 ml dalam sekali pernakaian. Proses penguraian ini memakan waktu sekitar 7 10 hari. Setelah hari ke 10, Anda dapat melihat hasil bahan pengurai ini, dan septic tank pun bisa kembali digunakan.

Jangan Buang Tisu ke WC

Meskipun tampaknya berbahan halus dan mudah hancur tisu bisa menjadi penyebab mampatnyasaluran WC. Benda benda keras maupun lunak lainnya, seperti sisa makanan, sabun batangan, plastik, tumbuhan, pembalut, dan kapas, yang masuk ke saluran turut mempercepat teriadinva sumbatan

Karena itu, penghuni rumah harus membiasakan diri untuk tidak membuang benda benda itu ke dalam WC. Dan usahakan untuk meletakkan tempat sampah di dalam kamar mandi supaya benda benda dan kotoran bisa dibuang ke tempat sampah bukan kedalam WC

Bila tetap dibuang ke dalam WC hingga mampatnva parah dan tidak bisa dibersihkan.saluran tersebut harus dibongkar.

Air Sabun Jangan Masuk ke Septic Tank

Selain menjaga supaya benda benda asing tidak masuk ke saluran WC dan septic tank, usahakan untuk tidak membuat saluran pembuangan dari kamar mandi yang langsung dihubunqkan ke dalam saluran pembuangan septic tank.

Sisa air mandi yang mengandung sabun, bila masuk ke septic tank, dapat membunuh mikroorganisme Jika mikroorganisme mati, proses penguraian limbah tidak bisa dilakukan dengan baik.



Post Date : 11 Oktober 2006