Buku Panduan Kredit Mikro Sambungan Air (seri Water for the poor toolkit)

Pengarang:Rudy Yuwono, dkk (Qipra Galang Kualita)
Penerbit:Jakarta, ESP (Environmental Services Program), 2010, vi + 141 hal
Tahun Terbit:Th. 2010
No. Klasifikasi:338.5 YUW b
Kata Kunci:petunjuk, water for the poor toolkit, kredit mikro, air bersih, pendanaan - mikro ekonomi, ekonomi produksi umum
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Perpustakaan ESP
Kategori:Petunjuk

Panduan atau toolkit ini merupakan salah satu seri panduan Water-for-the-Poor-Toolkit yang diterbitkan untuk mendukung pengembangan dan pelaksanaan perangkat-perangkat Water-for-the-Poor. Di dalam panduan ini, pembaca dapat memperoleh penjelasan mengenai skema Kredit Mikro Sambungan Air (KMSA) yang merupakan salah satu dari tiga perangkat Water-foor-the-Poor. Perangkat lainnya adalah Layanan Sambungan Komunal (LSK) dan Output-Based Aid Sambungan Air Minum (OBA-SAM).
   
Panduan Kredit Mikro Sambungan Air, seterusnya disebut Panduan KMSA, terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu bagian Penjelasan dan bagian Kumpulan Contoh. Bagian penjelasan berisi berbagai informasi umum dan mendasar tentang skema KMSA, seperti definisi, profil, manfaat, pihak-pihak terkait, dan tahapan pengembangan dan pelaksanaan. Bagian kumpulan Contoh berisi berbagai contoh dokumen seperti prosedur operasi standar, perjanjian kerja sama, formulir-formulir, dan materi promosi yang dapat dijadikan salah satu bahan acuan bagi pihak-pihak yang ingin mengembangkan dan mengelola skema KMSA. Keragaman kumpulan contoh menunjukkan adanya perbedaan pendekatan yang dilakukan dalam pengembangan program KMSA. Juga terdapat film dokumenter KMSA yang akan melengkapi buku panduan ini.
   
Selain untuk PDAM dan Bank, Panduan KMSA juga diharapkan dapat dibaca oleh pihak Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/Kota, atau Lembaga Donor. Mereka diharapkan dapat membantu pengembangan program KMSA di wilayah kerja mereka. Perlu dipahami bahwa panduan ini tidak cukup untuk menguraikan seluruh informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan dan pelaksanaan program KMSA. Walau demikian, isi panduan ini setidaknya sudah dapat untuk dijadikan referensi awal bagi pihak berkepentingan untuk memulai program KMSA.
   
Panduan Kredit Mikro Sambungan Air merupakan penyempurnaan dari paket penjelasan yang sudah dikembangkan sebelumnya di tahun 2008. Selain isinya diperingkas, paket baru ini memuat contoh-contoh mutakhir dari pelaksanaan program KMSA di Indonesia. Dimensi panduan juga dirubah agar lebih bersahabat dengan pembacanya.

Daftar Isi:

BAGIAN PENJELASAN
Kredit Mikro Sambungan Air
Pihak Terkait Kredit Mikro Sambungan Air
Tahapan Kredit Mikro Sambungan Air
Ditunggu Jutaan Masyarakat

BAGIAN KUMPULAN CONTOH
Prosedur Operasi Standar
Perjanjian Kerja Sama
Formulir
Materi Promosi



Post Date : 10 Maret 2010