Ciliwung Ditargetkan Bersih Sampah Tiga Tahun Lagi

Sumber:Kompas - 22 November 2009
Kategori:Sampah Jakarta

Jakarta, Kompas - Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta menargetkan Sungai Ciliwung bebas dari sampah tiga tahun lagi. Saat ini, pemerintah telah mengurangi tiga dari tujuh lokasi pembuangan sampah ilegal di sepanjang sungai tersebut.

Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta Peni Susanti, Sabtu (21/11), mengatakan, pihaknya mengampanyekan pembuangan sampah di tempatnya untuk mewujudkan Ciliwung bebas dari sampah. ”Ada tiga kelurahan yang dijadikan contoh untuk memasyarakatkan pembersihan sampah di sepanjang Ciliwung, yakni Kelurahan Lenteng Agung, Srengseng Sawah, dan Tanjung Barat. Mudah-mudahan, tiga tahun lagi Ciliwung bebas dari sampah,” paparnya.

Peni menambahkan, tiga lokasi pembuangan sampah ilegal sudah ditangani dengan manajemen pengelolaan melalui pembuatan Tempat Transit Sampah Sementara (TTSS) di Jalan Lenteng Agung, depan Jalan Harapan. TTSS dapat dipakai menampung sementara sampah yang berasal dari daerah sekitar Kecamatan Jagakarsa. Peni yakin tiga lokasi sampah bisa ditanggulangi dengan TTSS.

Pembersihan sungai juga melibatkan masyarakat. Pada kesempatan itu, Peni melantik 26 anggota Gibass Jawara Ciliwung. Gibass (Generasi Betawi Asli dan Serumpun) beranggotakan warga yang tinggal di sekitar Ciliwung. Ibu-ibu PKK juga dilibatkan dalam penanganan sampah sungai.

Pemerintah pun berupaya mengolah sampah yang dihasilkan warga sekitar Ciliwung. Sampah dipilah-pilah. Sampah organik diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah anorganik dijadikan kerajinan seperti tas dari plastik. (ART)



Post Date : 22 November 2009