Cinta Kasih untuk Sulastri

Sumber:Majalah Tzu Chi - 01 Agustus 2010
Kategori:Lingkungan

Jalinan jodoh yang baik telah mempertemukan Tzu Chi dengan Sulastri, seorang wanita yang tinggal di kawasan makam PutatJaya Surabaya. Dia menderita polio saat masih kecil sehingga mengalami kecacatan di bagian kakinya.

Kehidupan yang serba kekurangan pun, selalu dirasakan oleh Sulastri sepanjang hidupnya. Wanita ini sempat menikah dan memiliki seorang anak, namun beberapa tahun lalu suaminya meninggal, sehingga dia kehilangan orang yang selama ini menjadi tulang punggung keluarganya. Akhirnya untuk menopang kehidupan sehari-¬hari Sulastri mengemis di sekitar rumahnya. Penghasilan sekadarnya ini dipakai untuk makan sehari-hari, dan membiayai sekolah anak satu-satunya.

Perhatian Insan Tzu Chi

Cerita tentang kehidupan Sulastri ini mendapatkan perhatian dari para relawan Tzu Chi. Karena kesehatannya agak terganggu, Sulastri juga sempat mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari dokter. Tidak hanya itu, bantuan sembako juga rutin diberikan oleh relawan Tzu Chi pada saat melakukan kunjungan kasih. Dengan penuh kasih sayang, para relawan memberikan dorongan moral kepada Sulastri agar tetap semangat menjalani hidupnya.

Kondisi rumahnya yang memprihatinkan juga mendapatkan perhatian dari relawan. Namun sayangnya keluarga ini tinggal di kawasan yang merupakan tanah makam milik pemerintah sehingga tidak memiliki surat kepemilikan yang sah. "Kita melihat bahwa di rumah ini tidak ada WC, sehingga sangat menyulitkan bagi Ibu Sulastri apalagi dia dalam keadaan cacat, oleh karena itu Tzu Chi memutuskan membuat toilet yang layak untuk keluarga ini," kata Sutina, relawan yang mendampingi keluarga ini.

Dengan kerja sama dari PT INTILAND, dibangunlah WC di bagian belakang rumah Ibu Sulastri. Meskipun sederhana namun cukup layak bagi keluarga ini sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka. Semoga cinta kasih yang diberikan Tzu Chi mampu memompa semangat Sulastri dalam menjalani kehidupannya yang masih terbentang luas. Ronny Suyoto (Tzu Chi Surabaya]



Post Date : 01 Agustus 2010