Community Empowerment Program with Civil Society in Indonesia (CEP)

Pengarang:Team PKPM
Penerbit:Sekretariat PKPM-BAPPENAS-JICA, v + 102 hal, 2004
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku
Konsolidasi kebangsaan merupakan agenda penting agar pemerintah, masyarakat, LSM dan komponen private sector di Indonesia dapat menyikapi krisis di masa transisi ini. Hal ini memerlukan perencanaan dan tindakan multisektoral yang terintegrasi dalam partisipasi lokal berjangka panjang dan menengah.

Tema tersebut merupakan payung tindakan bagi perumusan Program Pengembangan Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat secara partisipatif dan difasilitasi oleh Bappenas, Setneg, Depdagri dan JICA.

Buku ini merupakan langkah awal untuk menjaga konsistensi dimana proses penyusunan disain program ini dilakukan secara partisipatif dan memunculkan rasa memiliki oleh semua pihak yang terlibat. Setidaknya, dengan membaca buku ini dapat menjadi media pembelajaran semua pihak (pemerintah dan non pemerintah, lembaga donor) agar supaya partisipasi pembangunan benar-benar dimulai sejak proses awal sehingga memunculkan ownership untuk terus dapat bersama-sama terlibat dalam proses pembangunan hingga terdapat tanggapan kritis terhadap hasil dan dampak pembangunan.

Post Date : 16 Maret 2007