Cuci Tangan Turunkan Diare

Sumber:Koran Tempo - 05 Maret 2008
Kategori:Sanitasi

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, tak kurang dari 2,2 juta orang di dunia meninggal per tahunnya karena penyakit diare. Sebagian besar adalah anak-anak dan dari masyarakat kalangan menengah ke bawah. Salah satu cara yang bisa membantu menurunkan risiko terkena diare adalah membiasakan mencuci tangan baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Sebuah tim peneliti dari Cochrane, melakukan riset untuk membuktikannya. Hasil temuan terbaru ini dilakukan secara random pada 14 tempat. Yaitu, di delapan klinik dan sekolah di negara maju; lima di negara dengan komunitas kelas menengah dan bawah; dan satu di kelompok orang dewasa berisiko tinggi terkena virus HIV di Amerika Serikat.

Hasilnya, mencuci tangan bisa menurunkan risiko terkena diare sebesar 29 persen pada klinik di negara ma
ju dan 31 persen di negara dengan komunitas kelas menengah dan bawah. "Ini menunjukkan manfaat yang sangat besar. Terutama buat masyarakat yang tinggal lokasi kumuh yang sulit mendapatkan air bersih," ujar Ketua Peneliti Dr Regina Ejemot. "Tantangannya, bagaimana agar kesadaran mencuci tangan ini bisa dibudidayakan, dan menjadi bagian dari falsafah hidup masyarakat  tambahnya.  MIL
 



Post Date : 05 Maret 2008