Cuma Rp 1.000 untuk MCK Plus Antibanjir

Sumber:Kompas - 28 Januari 2010
Kategori:Sanitasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seusai diresmikan oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan Anas Effendi, Kamis (28/1/2010), MCK Plus Antibanjir akhirnya dapat digunakan oleh warga RW 03 Kelurahan Petogogan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk menikmati fasilitas MCK khusus ini, tiap warga diharuskan membayar Rp 1.000 setiap bulan. Menurut Kohar, koordinator pengelola MCK Plus Antibanjir RW 03, untuk bisa menggunakan MCK sebenarnya warga tidak dikenakan biaya.

"Warga cuma diminta pengertiannya membayar Rp 1.000 tiap bulannya untuk biaya perawatan MCK. Yah, misalnya untuk kebersihan, untuk keran yang patah, atau ember yang pecah. Karena kan warga yang menggunakan MCK ini banyak, jadi kerusakan-kerusakan seperti itu mungkin sekali terjadi," ujarnya saat ditemui Kompas.com seusai acara peresmian MCK Plus Antibanjir.

Terkait pengelolaan MCK, Kohar juga menambahkan, pengurus RW setempat telah merekrut beberapa orang untuk dijadikan petugas kebersihan MCK. "Sudah ada beberapa orang yang akan bertugas menjaga dan mengelola kebersihan MCK. Mereka tidak digaji, sukarela karena tidak ada iuran untuk MCK ini, tapi mereka kemungkinan akan diberikan insentif. Untuk perhitungannya belum tahu. Setelah MCK efektif digunakan baru akan diperhitungkan pembagian insentifnya," kata Kohar.

Sementara itu, dimintai komentarnya mengenai pungutan Rp 1.000  untuk MCK Plus, beberapa warga RW 03 Petogogan mengaku, mereka tidak keberatan. "Enggak apa-apa Mbak, seribu rupiah per bulan aja sih. Yang penting kan nanti kita jadi aman dari banjir gara-gara ada MCK Plus ini," ujar Rani, salah seorang warga Petogogan. PURI YUANITA



Post Date : 28 Januari 2010