Dampak Tumpahan Minyak terhadap Kondisi Fisik Tanah

Pengarang:MARTONO, NIM. L2J202006
Penerbit:Semarang, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, 2005.
Tahun Terbit:2005
Kata Kunci:Resiko Tumpahan Minyak, Karakteristik Tanah
Lokasi:Perpustakaan PS Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678
Kategori:Karya Ilmiah

Puluhan ribu bahan kimia digunakan pada berbagai industri, termasuk juga pada industri pemurnian minyak dan gas bumi. Berbagai industri di dunia dan khususnya di Indonesia dihadapkan pada berbagai permasalahan tentang peraturan yang mengharuskan untuk menekan/ memperkecil limbah berbahaya dan mengelolanya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Minimisasi dan pengelolaan limbah berbahaya ini harus dimulai sejak perancangan sampai sepanjang daur hidup proyek.
 Kejadian tumpahan minyak merupakan permasalahan yang cukup serius pada industri perminyakan karena dapat menyebabkan berbagai permasalahan dan pencemaran lingkungan. Sehingga kejadian tumpahan minyak ini perlu dilakukan penilaian dari segi resiko terhadap lingkungan baik dampak negatif pada tanah, dan air tanah maupun pada air permukaan.
Empat langkah dalam proses penilaian resiko meliputi: Identifikasi bahaya, penilaian paparan, penilaian tingkat racun dan penggolongan resiko. Untuk permasalahan / dampak negatif terhadap tanah ada beberapa hal yang seharusnya diketahui berhubungan dengan sifat-sifat yang dimiliki tanah  termasuk diantaranya klasifikasi tanah, mineral-mineral tanah, densitas tanah, porositas dan kandungan organik karbon dalam tanah.
Tumpahan minyak dan pengaruhnya terhadap tanah kita bahas dalam tugas akhir ini.

Pustaka ini tersedia di Perpustakaan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678 (Ibu SRI)

 



Post Date : 05 Januari 2009