Dana Bumi Diluncurkan

Sumber:Kompas - 11 Desember 2007
Kategori:Climate
Nusa Dua, Kompas Dua lembaga keuangan internasional yang dibentuk untuk mendanai sektor swasta terkait dengan isu lingkungan meluncurkan kemitraan dalam Dana Bumi di Nusa Dua, Bali, Senin (10/12) siang.

Kedua lembaga itu adalah The Global Environmental Facility (GEF) dan International Finance Corporation (IFC). Dana tersebut ditujukan guna mendukung upaya-upaya mengatasi persoalan lingkungan yang bersifat inovatif dan berbasis pasar.

GEF akan menyumbangkan dana sebesar 50 juta dollar AS, sedangkan International Finance Corporation (IFC) akan memberikan dana sebesar 10 juta dollar AS. Kemitraan ini telah berhasil menarik dana dari mitra-mitra lainnya dan diharapkan bisa terkumpul hingga 200 juta dollar AS. Dana tambahan itu terkumpul dari kontribusi perusahaan-perusahaan swasta, yayasan, organisasi nonpemerintah, dan beberapa lembaga pembangunan.

Pada persidangan dalam Konferensi PBB Mengenai Perubahan Iklim yang berlangsung di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Bali, 3-14 Desember ini, lembaga pembiayaan GEF yang menampung dana adaptasi keberadaannya sedang didiskusikan karena dinilai terlalu sulit untuk diakses negara-negara berkembang yang membutuhkan dana tersebut sehingga dana-dana adaptasi sulit mengucur.

"Tujuan utama dari kami GEF adalah untuk mendukung pemecahan persoalan lingkungan yang sifatnya inovatif di negara-negara sedang berkembang. Kami sudah menyalurkan 50 juta dollar AS untuk Dana Bumi," ujar Direktur Eksekutif dan Pimpinan GEF Monique Barbut.

Untuk memaksimalkan hasil, dana itu akan menggunakan berbagai instrumen keuangan, di antaranya dana hibah, pinjaman lunak, partisipasi dalam bentuk ekuiti, juga hadiah uang bagi inovasi dalam bidang lingkungan seperti biofuel generasi kedua, pengolahan air, atau teknologi bersih.

"Kami berharap Dana Bumi, terutama hadiah-hadiah, nanti akan mendorong munculnya inovasi, modal venture, dan investasi awal pada produk-produk baru yang belum maju secara komersial," ujar Direktur Pembangunan Lingkungan dan Sosial IFC Rachel Kyte.

Menurutnya, tantangan lingkungan global masa kini membutuhkan upaya-upaya dengan intensifikasi yang cepat untuk memobilisasi investasi swasta dalam mencari solusi dan juga untuk menyelamatkan kemitraan baru guna memberikan investasi ini ke negara-negara sedang berkembang,

Hadiah dan modal

Bantuan dalam bentuk hadiah ini akan dikoordinasikan dengan Prize Capital LLC, sebuah perusahaan swasta yang mengombinasikan hadiah dan modal untuk mencapai pemecahan atas persoalan lingkungan.

Pendiri dan Ketua Prize Capital LLC Charles Linbergh mengatakan, "Hadiah perangsang ini telah ada selama berabad-abad untuk mencapai sesuatu yang sebelumnya disebut sebagai tidak mungkin."

X PRIZE Foundation memelopori lahirnya hadiah-hadiah model baru dengan hadiah tingkat global yang disponsori perusahaan-perusahaan seperti Google dan Archon Mining. "Kerja sama kami dengan GEF dan IFC akan membuka peluang bagi investor dan inovator lain," kata Charles Linbergh. (ISW)



Post Date : 11 Desember 2007