Dana untuk TPA Sebesar Rp 1,5 Miliar

Sumber:Kompas - 7 April 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Bandung, Kompas - Walaupun masalah sampah di Kota Bandung sudah lama dirasakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat baru akan mengajukan dana sebesar Rp 1,5 miliar kepada DPRD Jabar.

Dana itu pun tidak digunakan untuk membersihkan sampah secara langsung, namun untuk membangun infrastruktur di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Pengajuan dana itu dijelaskan Wakil Gubernur Jawa Barat Numan Abdul Hakim seusai penebaran bibit ikan ke Sungai Cikapundung di Bandung, Rabu (6/4).

Dia mengatakan, dana sebesar Rp 1,5 miliar itu akan digunakan untuk membenahi jalan-jalan rusak menuju TPA Cicabe dan TPA Jelekong.

Pengajuan dana tersebut sedang disusun Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarkim) Jabar. Jumlah itu telah diketahui Gubernur Jabar, namun baru diajukan ke DPRD Jabar.

Penyelesaian jalan itu sendiri diperkirakan membutuhkan waktu lebih dari satu minggu. Selama menunggu dana cair, Numan memastikan pembersihan sampah tetap berjalan.

Namun, kegiatan itu dilakukan dengan infrastruktur di TPA yang terbatas. "Mobil saja kalau mau sampai ke sana harus didorong karena kualitas jalannya buruk," kata Numan.

Penanggulangan masalah sampah di Kota Bandung membutuhkan dana sekitar Rp 22 miliar. Selama ini kekurangan dana dibantu pihak swasta, seperti Istana Group, yang bersedia membersihkan tujuh titik tumpukan sampah di Bandung.

Numan sudah melayangkan surat kepada perbankan agar ikut membantu mengatasi masalah sampah. Sampah di Kota Bandung akan bersih sebelum Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-50. (bay)



Post Date : 07 April 2005