Dari Pameran, Informasi, Berbincang, hingga Hiburan...

Sumber:Kompas - 11 April 2008
Kategori:Climate

Setelah hiruk pikuk penyelenggaraan Konferensi PBB mengenai Perubahan Iklim pada Desember 2007, lima pihak berusaha menjaga momentum, terutama untuk proses penyadaran masyarakat mengenai pemanasan global (global warming).

Kelima pihak tersebut awal tahun ini bergabung untuk membentuk Green Initiative Forum. Mereka adalah PT Unilever Indonesia Tbk, Kompas, FeMale Radio, MetroTV, dan PT Pertamina (Persero).

Kelima pihak itu berkeinginan untuk membangun kesadaran dan menyebarluaskan pengetahuan mengenai isu pemanasan global penyebab perubahan iklim. Sasaran upaya penyadaran tersebut adalah anggota masyarakat terkecil, yaitu keluarga, dan masyarakat awam.

Bukan sekadar penyadaran dan menyebarkan pengetahuan, namun kelima pihak itu juga berinisiatif mengajak keluarga-keluarga sebagai anggota masyarakat tersebut untuk berupaya aktif mengurangi dampak pemanasan global, dimulai dari ”halamannya sendiri”. Semua itu disajikan dalam acara Green Festival yang digelar pada 18-20 April 2008 di areal Parkir Timur Senayan, Jakarta.

”Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam program Green Festival. Keterlibatan kami dalam program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dalam bidang lingkungan,” ujar Direktur Corporate Relations and Human Resources PT Unilever Indonesia Tbk Josef Bataona.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Kompas Bambang Sukartiono mengungkapkan, ”Selama ini kami cukup banyak memberi tempat untuk liputan dan tulisan-tulisan tentang lingkungan. Sebab, masa depan kita, masa depan anak cucu kita, sangat bergantung pada bagaimana kita menjaga dan melestarikan lingkungan.”

Wisnu Hadi, Presiden Direktur MetroTV, mengatakan, sebagai media yang memengaruhi cara berpikir masyarakat melalui beberapa programnya, MetroTV bergabung dengan Green Festival untuk lebih menggaungkan program edukasi pencegahan pemanasan global.

”Kami berharap kesadaran kita semua bangkit akan pentingnya kewaspadaan terhadap bahaya pemanasan global bagi warga dunia, termasuk Indonesia,” tegas Hanny Soemadipradja, Chief of Marketing Officer Masima Contents & Channels, sebagai pengelola radio FeMale.

Bagi PT Pertamina, menurut Ari H Sumarno, Dirut PT Pertamina, ”Ikut memelihara keseimbangan lingkungan adalah komitmen Pertamina dalam menjalankan operasi bisnisnya. Kami mengimbau seluruh lapisan masyarakat turut mendukung kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kita kepada Bumi, tempat kita hidup dan bernaung.”

Edukasi dan hiburan

Selama tiga hari, Green Festival yang disajikan gratis akan diisi berbagai program, mulai dari yang bernapaskan edukasi hingga hiburan.

Pengetahuan tentang apa penyebab pemanasan global hingga dampaknya ke kehidupan sehari-hari kita bisa didapatkan tanpa harus kening berkerut.

Para ibu atau bapak bisa mendapatkan pengetahuan praktis tentang membuat taman yang sekaligus menghasilkan kompos, atau cara mengemudi yang ramah lingkungan.

Di luar itu, anak-anak pun akan mendapatkan hiburan berupa permainan yang terkait pengetahuan akan lingkungan. Belum lagi acara bincang-bincang yang akan menghadirkan antara lain Katon Bagaskara, Wanda Hamidah, dan Valerina. Hiburan antara lain diisi oleh Nugie dan White Shoes and the Couples Company. Lengkap kan? (ISW)



Post Date : 11 April 2008