Demi Anak, WC Sekolah "Disulap" Jadi Perpustakaan

Sumber:Kompas - 23 Februari 2005
Kategori:Umum
HENING. Sunyi. Sembilan siswa sekolah dasar terlihat tekun membaca buku cerita di ruang perpustakaan.

Seusai menghabiskan buku cerita yang satu, beberapa anak langsung mencari buku- buku lainnya yang terdapat di rak buku itu. Minat membaca tampaknya memang hendak ditumbuhkan sejak dini.

Namun, pernahkah kita bayangkan, perpustakaan kecil berbentuk leter L itu ternyata dulunya cuma kamar mandi. WC yang belum pernah disentuh untuk diperbaiki itu "disulap" menjadi ruang perpustakaan demi mendukung kemajuan pendidikan anak.

Pemandangan mengenaskan itu terlihat di lantai tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Slipi, Kelurahan Slipi, Kecamatan Petamburan, Jakarta Barat, Senin (21/2) pagi. Sekolah pemerintah itu berada dalam satu kompleks dengan SDN 03 dan SDN 05.

Bahkan, di SDN 03 Slipi yang terletak di lantai dua, tempat membuang hajat itu "disulap" menjadi ruang komputer. WC gurunya yang juga sudah rusak diubah menjadi ruang koperasi.

"Kami tahu, fasilitas kamar mandi memang penting. Tetapi, beginilah sekolah kami. Kalau memang keliru, kami siap kok mengembalikan ruang ini sebagaimana fungsinya semula," kata Lily Aliyah, Kepala SDN 01 Slipi.

Hal senada diungkapkan Endang Kartiningsih selaku Kepala SDN 03 Slipi. Ia menyebutkan, kondisi ruangan memang sangat minim. Untuk menciptakan fasilitas lengkap sangat sulit di sekolah ini.

"Pengawas sekolah memang sudah meninjau. Sekarang ini kami cuma berpikir positif, bagaimana meningkatkan pengetahuan siswa," kata Endang.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta Silviana Murni menegaskan, secara prinsip, perubahan itu tidak mengganggu proses belajar mengajar. Kebutuhan sekolah berbeda-beda.

Wah, kalau kebelet buang air, guru maupun murid harus cepat kabur ke kamar mandi di lantai dasar tuh...! (OSA)

Post Date : 23 Februari 2005