Desa-desa di Tretep Kesulitan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 14 April 2005
Kategori:Air Minum
TEMANGGUNG-Kendati masih berlangsung musim hujan, ribuan warga beberapa desa di Kecamatan Tretep, Temanggung, mengaku mengalami kesulitan air bersih. Akibatnya, dalam beberapa pekan ini terjadi peningkatan jumlah penderita ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) dan penyakit kulit.

Menurut sejumlah warga Tretep, sulitnya air bersih terjadi akibat rusaknya pipa saluran dari sumber air Siganjur dan Cemoro. Padahal pipa yang merupakan bantuan Gubernur Jateng tahun 2003 lalu, merupakan satu-satunya sumber air bersih yang menjadi andalan masyarakat beberapa desa.

''Kami belum tahu persis di mana lokasi kerusakannya. Karena letaknya berada di lereng gunung yang cukup jauh dari kawasan pemukiman penduduk,'' kata mereka.

Terkena Cangkul

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sebagian besar warga hanya mengandalkan tampungan air hujan. Sebab beberapa desa yang berada di kawasan lereng Gunung Prahu itu hampir tidak ada warga yang memiliki sumur.

''Kami benar-benar tersiksa sulit air ini. Semoga saja masalah yang sudah berlangsung beberapa hari ini segera tertangani, karena warga sudah melapor kepada ili-ili (petugas air) desa,'' timpal warga lainnya.

Camat Tretep, Drs Imam Setyarso kepada para wartawan mengaku belum mengetahui pasti penyebab kerusakan pipa air, namun diduga karena terkena cangkul petani.

''Sebab dari sumber air Siganjur maupun Cemoro, pipa itu melalui areal pertanian penduduk. Makanya bisa saja kerusakan pipa itu karena terkena cangkul petani secara tidak sengaja,'' katanya.

Macetnya aliran air, kata Imam Setyarso, juga menyebabkan timbulnya gatal-gatal yang diderita warga di wilayah tersebut. Indikasinya, dalam beberapa hari terakhir jumlah penderita dua penyakit itu yang berobat ke Puskesmas Tretep mengalami peningkatan.

Atas keluhan warga Tretep itu, Bupati Totok Ary Prabowo berjanji akan membantu dengan membangun sarana air bersih. Dia meminta Camat Tretep untuk segera mengajukan proposal, baik untuk membuat sumur artetis maupun menyempurnakan bangunan yang sudah ada. (nt-76).

Post Date : 14 April 2005