Desain Instalasi Pengolahan Limbah Cair RS. Roemani Semarang

Pengarang:SUCIPTO, NIM. L2J200007
Penerbit:Semarang, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Kata Kunci:Limbah cair rumah sakit, Lumpur aktif, BOD, COD, TSS.
Lokasi:Perpustakaan PS Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678
Kategori:Karya Ilmiah

Limbah cair rumah sakit merupakan masalah lingkungan yang perlu ditangani secara serius mengingat limbah cair tersebut mempunyai resiko yang sangat besar karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan baik bagi pengunjung, petugas rumah sakit maupun bagi masyarakat sekitarnya.
Rumah Sakit Roemani Semarang adalah rumah sakit umum swasta tipe madya milik persyarikatan Muhammadyah Kota Semarang yang terletak di Jalan Wonodri nomor 22 Semarang yang hingga saat ini belum memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL), sehingga patut mendapat perhatian mengingat lokasinya yang berada ditengah-tengah permukiman penduduk Kota Semarang.
Disain instalasi pengolahan limbah cair Rumah Sakit Roemani Semarang dimaksudkan untuk dapat mengatasi permasalahan limbah cair yang ditimbulkannya sehingga aman bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa limbah cair Rumah Sakit Roemani Semarang  terindikasi pencemaran bahan organik dengan kandungan BOD5 = 416,95 mg/l, COD = 696,33 mg/l, dan TSS = 204,88 mg/l .
Alternatif terpilih dalam mendisain instalasi pengolahan limbah cair di Rumah Sakit Roemani Semarang adalah dengan sistem Lumpur Aktif (Activated sludge).
Unit-unit pengolahan yang direncanakan adalah terdiri dari penangkap lemak, LPST, saluran pengumpul, bars screen, equalisasi, bak pengendap I,  bak aerasi, bak pengendap II, bak desinfektan, thickener, pengering lumpur.
 

Pustaka ini tersedia di Perpustakaan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678 (Ibu SRI)

 



Post Date : 05 Januari 2009