Diare di Tegal, Puluhan Dirawat di RS

Sumber:Kompas - 24 Juni 2005
Kategori:Sanitasi
Tegal, Kompas - Puluhan penderita diare masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Tegal maupun di Kabupaten Tegal. Sebagian besar adalah anak-anak di bawah usia lima tahun. Data dari Rumah Sakit Islam Harapan Anda dan RSUD Kardinah Tegal, dalam enam bulan terakhir sebanyak 1.238 penderita diare menjalani perawatan di rumah sakit.

Sejumlah 649 penderita dirawat di RSI Harapan Anda dan 589 dirawat di RSUD Kardinah Kota Tegal. Di RSUD dokter Soeselo Slawi ada 525 penderita diare dirawat di sana selama enam bulan terakhir.

Kini di RSI Harapan Anda sedikitnya 10 pasien penderita diare dirawat. Pasien di RSUD Kardinah Kota Tegal empat pasien dan di RSUD dokter Soeselo Slawi 12 orang. Satu pasien di RSI Harapan Anda dalam kondisi kritis atas nama Dea Anisatun Nur Hidayah (1), warga Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Kepala Ruang Rekam Medik RSI Harapan Anda Lies Supartiningsih mengatakan, diare sering terjadi di wilayah Kota Tegal maupun Kabupaten Tegal dan memakan korban jiwa. Di wilayah Kota Tegal penderita banyak dari di Kecamatan Tegal Barat, khususnya di perkampungan nelayan Tegalsari. Dalam enam bulan terakhir, tercatat 12 penderita meninggal.

Kepala Subbidang Pelayanan Medis RSUD Dokter Soeselo Slawi Endang Puji Hastuti mengatakan, penderita yang akhirnya meninggal datang ke rumah sakit dalam kondisi parah. Mereka dehidrasi tingkat tinggi, sehingga tidak bisa menerima cairan dari infus.

Endang menggolongkan tiga macam diare, yaitu tanpa dehidrasi, diare dehidrasi sedang, dan diare dengan dehidrasi beratyang sudah perlu dirawat di rumah sakit. (WIE)



Post Date : 24 Juni 2005