Diare Mulai Mengancam

Sumber:Banjarmasin Post - 07 Agustus 2006
Kategori:Sanitasi
Banjarbaru, BPost M Amin, bayi berusia 19 bulan asal Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka terbaring lemas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banjarbaru. Sementara Nani, ibunya pasrah melihat anaknya itu .

"Kasihan dia, masih kecil harus menahan sakit seperti ini. Diarenya tidak sembuh-sembuh. Ini sudah dua hari, terpaksa saya bawa ke rumah sakit," katanya, sambil membelai putra kelimanya itu. M Amin adalah satu di antara puluhan balita di kota Idaman yang sebulan terakhir memadati RSUD setempat, baik di IGD maupun instalasi perawatan karena terserang diare.

Sejak masuk musim kemarau, warga Kota Banjarbaru terutama bayi dan balita banyak terserang diare. Dari pantauan BPost, ancaman diare ini menunjukkan peningkatan signifikan. Pihak rumah sakit sendiri terlihat melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan diare itu.

Petugas medis di IGD RSUD Banjarbaru, dr Eko mengakui jumlah pasien diare mengalami peningkatan. "Biasa lah kemarau. Kunjungan pasien ke IGD karena diare lumayan bertambah. Hari ini saja, belum tengah hari sudah lima yang masuk. Tapi, belum membludak," terang dokter yang terkenal ramah ini.

Kepala RSUD Banjarbaru drg Agus Wijaya juga membenarkan adanya peningkatan kasus diare di tempat pelayanan kesehatan yang dipimpinnya. Namun ia memastikan kenaikan itu masih dalam batas wajar. Stok obat di RSUD Banjarbaru juga masih mencukupi, termasuk bila terjadi KLB.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, dr Diah Ratih Haris, meminta masyarakat berperilaku hidup bersih. Warga juga dipersilakan mengambil oralit gratis ke puskesmas-puskesmas terdekat begitu diare menyerang.

Dijelaskan, diare adalah salah satu jenis penyakit yang kerap muncul di saat kemarau tiba. Tapi sesungguhnya, penyakit ini sangat mudah dihindari dan dicegah dengan cara sanitasi makanan dan minuman. Hindari makanan dan minuman yang tidak tertutup atau mengalami kontaminasi terhadap lingkungan yang kotor. niz

Post Date : 07 Agustus 2006