Diare Semakin Mengganas di NTT

Sumber:Detikcom - 26 September 2007
Kategori:Sanitasi
Kupang - Wabah diare yang menyerang sembilan kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin mengganas. Hingga pekan ini, jumlah penderita diare yang masih dirawat di RSUD Kefamenanu dan sejumlah Puskesmas mencapai 452 orang, dengan korban tewas sebanyak empat orang.

Pemerintah setempat telah menetapkan kasus diare tersebut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan membutuhkan penanganan lintas sektoral. Wakil Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Fernandez yang dihubungi melalui telepon selulernnya, Rabu (26/9) mengatakan, penyebab meluasnya diare di daerah itu selain karena perubahan iklim yang terlalu panas, juga diduga disebabkan oleh masalah air bersih.

"RS dan Puskesmas sampai kewalahan mengurus pasien yang jumlahnya terus membengkak setiap hari. Rupanya wabah ini menyebar melalui udara sehingga hampir sebagian besar wilayah kabupaten Timor Tengah Utara tertular," kata Fernandez.

Menurut dia, pemerintah setempat sudah melakukan upaya pengobatan dan pencegahan dengan menerjunkan semua tim medis. "Ada yang bertugas melakukan pengobatan bagi yang sakit dan sebagian tim medis lainnya melakukan penyuluhan. Semua kecamatan sudah membentuk posko penanggulangan penyakit diare," ujar dia.

Dia menambahkan, serangan diare kali ini hampir sama dengan yang terjadi pada Januari lalu. Saat itu lebih dari 600 warga terserang.

Sementara itu, di Kabupaten Timor Tengah Selatan, diare telah menewaskan delapan balita di daerah itu dalam sebulan terakhir. Namun jumlah penderita semakin menurun setelah tim medis melakukan pengobatan secara intensif bagi para korban. Sementara di Kota dan Kabupaten Kupang, sampai dengan pekan ini, penderita diare yang mendapat perawatan mencapai 300 orang, dan tiga di antaranya meninggal dunia. (asy/asy)



Post Date : 26 September 2007