Diare Serang Dua Kabupaten

Sumber:Kompas - 04 September 2007
Kategori:Sanitasi
Soe, Kompas - Diare kembali menyerang Kabupaten Timor Tengah Selatan atau TTS dan Kabupaten Timor Tengah Utara alias TTU sejak pertengahan Agustus 2007. Sebanyak 135 anak balita dirawat di puskesmas dan rumah sakit, seorang anak balita di antaranya meninggal dunia karena terlambat dirawat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS dr Markus Righuta di Soe, Senin (3/9), mengatakan, diare menyerang dua desa di TTS sejak 17 Agustus, yakni Desa Oelnunu, Kecamatan Polen, dan Desa Pusatinasi, Kecamatan Fatumnasi. Akan tetapi, masyarakat baru melaporkan kasus itu ke petugas kesehatan di Puskesmas Polen pada 27 Agustus 2007.

Yohanes Sonbay (9 bulan) yang terserang diare sejak 17 Agustus meninggal pada 27 Agustus karena terlambat dibawa ke puskesmas. "Penyebab kematian belum kami ketahui apakah virus atau bakteri, tetapi korban mengalami diare," kata Markus.

Sanitasi yang buruk di desa-desa menyuburkan perkembangan bakteri. Banyak desa di TTS tidak memiliki jamban keluarga. Warga buang kotoran di sungai, hutan, atau di bawah pohon.

Sebanyak 35 penderita diare kini sedang ditangani Puskesmas Polen dan Fatumnasi melalui rawat jalan. Mereka tidak perlu dirujuk ke RSUD Soe.

Sementara itu, sekitar 100 pasien dirawat di RSUD Kefamenanu, TTU. Jumlah pasien terus bertambah sehingga pihak rumah sakit terpaksa menaruh sejumlah tempat tidur di lorong-lorong.

Tahun 2006 tercatat 45 anak balita meninggal dan 175 dirawat di TTS karena diare. Penyebabnya adalah kekurangan air ber- sih. (KOR)



Post Date : 04 September 2007