Diguyur Hujan Sebentar, Cilegon "Terendam"

Sumber:Kompas 05 April 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Cilegon, Kompas - Guyuran hujan deras, Senin (4/4), dan diperparah dengan buruknya saluran air menyebabkan Kota Cilegon kembali tergenang. Meski tidak sampai merenggut jiwa, puluhan rumah terendam, sementara ruas jalan protokol yang membelah kota baja itu juga tergenang.

Berdasarkan pengamatan, rumah-rumah di Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, terendam 0,5 sampai 1 meter. Akibatnya, para penghuni berusaha menyelamatkan harta dan perabotan mereka ke atas meja atau lemari. Hingga pukul 09.00 air masih menggenangi rumah-rumah itu sehingga warga tak bisa berangkat kerja.

Genangan setinggi 0,5 sampai 1 meter di jalan protokol sepanjang lebih kurang satu kilometer itu menyebabkan banyak kendaraan mogok. Akibatnya, kemacetan lalu lintas di pagi hari itu tak terelakkan.

Para pelajar juga terhambat saat pergi ke sekolah. Beberapa anak di antaranya bahkan terjebur di selokan yang dalam. Menurut Ketua RW 02 Kampung Sawah, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Saefudin Zuhri (40), genangan itu terjadi setelah hujan deras mengguyur sejak pukul 02.00.

Daerahnya memang selalu menjadi langganan banjir selama bertahun-tahun karena kelurahan tersebut merupakan tempat penampungan air sungai dari lima tempat, yakni Palas, Temu Putih, Pasar Pagebangan, Rokal, dan Saneja.

"Jembatan yang dulunya empat meter sudah diganti dua gorong-gorong, masing-masing 1,5 meter. Salah satu gorong itu kini tersumbat karena sudah dua tahun terakhir tak ada perawatan. Maka, hujan satu jam saja pasti banjir," papar Saefudin. (sam)



Post Date : 05 April 2005