Disaring, Langsung Bisa Diminum!

Sumber:Media Indonesia - 28 April 205
Kategori:Air Minum
MINUMLAH air putih delapan gelas setiap hari! Gaya hidup sehat telah menempatkan air sebagai elemen yang penting dalam keseharian hidup kita. Namun, untuk memiliki tubuh bugar, tentunya tak sembarang air dapat dikonsumsi. Selain harus memenuhi standar kelaikan yaitu tidak berbau, bebas rasa, dan tidak berwarna, air yang aman dikonsumsi juga mesti bebas bakteri.

Sebagian masyarakat modern kini tak lagi puas menikmati air minum hasil rebusan dari air tanah atau leding. Mereka kini lebih cenderung memilih air minum dalam kemasan (AMDK) keluaran pabrik.

AMDK yang digunakan di rumah tangga umumnya berbentuk galonan yang diletakkan di atas dispenser.

Namun karena alasan ekonomis, banyak pula ibu rumah tangga yang beralih ke air minum isi ulang yang diperoleh dari depo-depo di sekitar lingkungan mereka. Selain lebih murah dan juga tetap praktis, kualitas air macam ini diyakini tak jauh berbeda.

Kendati kini banyak dikampanyekan anjuran untuk berhati-hati memilih depo pengisian air minum isi ulang, minat masyarakat mengisi botol galonannya dengan air jenis ini tak juga berkurang.

Product Manager Food and Beverage CNI Indra D Darusman mengungkapkan, masyarakat sekarang cenderung mengedepankan segi kepraktisan dan kesehatan dalam memilih air minum yang dikonsumsi. Namun, ia meyakinkan masyarakat agar tak mempertaruhkan kesehatan dengan mengonsumsi air minum dari depo-depo yang tak terjamin kualitasnya.

Ia menegaskan konsumen dapat menikmati air yang bersih dan sehat sekaligus ekonomis dengan memasang alat penjernih air di dapur rumahnya. Selain mendapat jaminan kebersihan air, konsumen juga dapat lebih berhemat. Kuncinya adalah memilih alat penjernih terbaik yang bukan cuma membersihkan melainkan juga membuat air yang disaring dapat langsung dikonsumsi.

"Mereka tak perlu bolak-balik ke depo isi ulang atau ke toko yang menjual refill galon. Caranya cukup dengan memasang alat penjernih air berkualitas bagus di rumah mereka yang mampu mengolah air tanah atau air leding menjadi air yang siap minum," kata Indra kepada Media di Jakarta, kemarin.

Indra mengungkapkan, pihaknya telah mengeluarkan dua jenis alat penjernih air yang bukan hanya membersihkan namun juga menghilangkan bakteri sehingga dapat langsung diminum tanpa perlu dimasak. Kedua jenis alat tersebut memiliki spesifikasi, harga serta kelebihan masing-masing. Konsumen dapat menentukan pilihannya sesuai dengan kebutuhan dan tentunya dana yang dimiliki.

CNI Mineral Water System

Perangkat ini bekerja berdasarkan gravitasi dan dalam lima tahap penyaringan yaitu filter keramik 0,1-1 mikron, filter IER (resin penukar ion), filter penjernih karbon aktif, cormac batuan mineral, serta unit magnetik untuk memperkecil cluster molekul air.

Peranti yang memiliki berat bersih hanya 4,5 kg ini mampu menyaring lima hingga sepuluh liter air per jam, bergantung pada kondisi air.

Kontainer atas mampu menampung hingga enam liter, sedangkan kontainer bawahnya 10 liter. Dimensi peranti yang dijual seharga Rp1.550.000 ini adalah 253x278x478 mm. Perlu dicatat, proses penyaringan pada alat ini juga menghasilkan air buangan.

CNI Water Life

Perangkat ini bisa dibilang sebagai pilihan terbaik bagi mereka yang menuntut kualitas terbaik tanpa mempersoalkan harga. Pasalnya, harga yang dibanderol memang tinggi, mencapai Rp3,8 juta. Namun, fungsi yang dimilikinya pun jelas lebih optimal.

Alat ini tidak memerlukan pompa tambahan serta bekerja dengan memanfaatkan tekanan air keran. Seluruh air yang dialirkan pada alat ini nyaris tak terbuang. Setelah melalui proses penyaringan, air dapat langsung dikonsumsi. Bukan cuma itu, perangkat ini juga mampu meningkatkan kualitas air dengan menambahkan kandungan mineral yang mencukupi.

Teknologi yang diadopsi CNI Water Life adalah membran ultrafiltrasi dengan ukuran pori 0,01 mikron, lebih kecil dari molekul logam-logam berat, bahkan bakteri. Air yang keluar dari CNI Water Life melalui delapan tahap penyaringan, yaitu unit magnetik, filter endapan, filter blok karbon, filter energi vital 1, filter ultrafiltrasi, filter ACF (activated carbon filtrasi), filter energi vital 2 serta unit antibakteri.

Peranti ini dapat dipasang langsung di saluran pipa air minum Anda. Sistem pemasangannya pun terbilang mudah, portabel dan tak memerlukan teknisi khusus. Kapasitas yang dimiliki perangkat seberat 6,3 kg ini mencapai 30 liter per jam. Tekanan air dalam perangkat berdimensi 310x215x400 mm ini mencapai 20-120 psi. (IZ/H-2)

Post Date : 28 April 2005