Disdik Cimahi Diminta Perhatikan WC Sekolah

Sumber:Pikiran Rakyat - 06 Desember 2007
Kategori:Sanitasi
CIMAHI, (PR).- Dinas Pendidikan Kota Cimahi diingatkan untuk meningkatkan program perbaikan jamban atau WC sekolah. Selain jumlahnya terbatas, kondisi jamban yang ada di sebagian besar sekolah di Cimahi, masih memprihatinkan. Wakil Wali Kota Cimahi H. Eddy Rachmat mengatakan itu setelah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SD Plus Nurul Aulia, di Citeureup, Kec. Cimahi Utara, Cimahi, Rabu (5/12). Sidak tersebut dilakukan untuk mengetahui kesiapan SD Nurul Aulia, yang akan mewakili Kota Cimahi pada Lomba UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Tingkat Jabar. Jamban menjadi salah satu item yang dinilai juri.

Menurut Eddy, baik buruknya kondisi jamban sekolah, akan sangat memengaruhi kesehatan lingkungan, termasuk kesehatan siswanya. Saat ini, masalah jamban sering kali dikesampingkan. Bahkan, hal itu tidak menjadi garapan utama dalam penataan lingkungan sekolah. "Masalah jamban ini harus menjadi perhatian kita. Hal itu pun akan dibahas lebih lanjut dengan Dinas Pendidikan," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Ninu Murliani didampingi Pembina UKS Tingkat Kota Cimahi H. Ade R. Hendaya, mengatakan, sebagian besar jamban yang ada di sekolah, khususnya untuk tingkat SD, belum memenuhi standar nasional. Seharusnya, setiap jamban itu digunakan untuk 20 siswa atau standar minimalnya hingga 40 siswa. Sementara sebagian besar sekolah di Cimahi, rata-rata hanya memiliki 2-3 jamban. Penggunaannya pun masih bercampur, antara perempuan dan laki-laki.

Oleh karena itu, sekolah-sekolah yang ada di Cimahi diharapkan bisa meningkatkan fasilitas pengadaan jamban, sebagaimana yang telah dilakukan SD Nurul Aulia karena di SD tersebut, setiap jamban hanya digunakan oleh 12 orang siswa.

Juara UKS

Setelah ditetapkan sebagai Juara I Lomba UKS Tingkat Kota Cimahi, SD Nurul Aulia akan mewakili Cimahi dalam Lomba UKS Tingkat Jawa Barat. Baru-baru ini, SD tersebut sudah mengikuti seleksi tingkat Bakorwil Priangan.

Kepala SD Nurul Aulia Dhini Tianova didampingi Ketua Komite SD Nurul Aulia Handiman dan Pembina Yayasan Nurul Aulia Aga Sumarga, menyatakan kesiapannya untuk mewakili Cimahi dalam Lomba UKS Tingkat Jabar. Mereka berharap, Pemkot Cimahi bisa membantu sekolah dalam menyiapkan event tersebut. Salah satunya, penyediaan bibit-bibit pohon untuk mendukung program penghijauan sekolah. (A-136)



Post Date : 06 Desember 2007