Diseminasi dan Sosialisasi Keteknikan Bidang PLP: Materi Bidang Drainase

Pengarang:M Sjukrul Amien (Kt pengantar)
Penerbit:Jakarta: Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum, 2011, 323 hal + gambar, 25 cm
No. Klasifikasi:624.151.36 DIS
Kata Kunci:Drainase, Keteknikan, PLP, Banjir, Hidraulika.
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

Dengan tujuan untuk mewujudkan penanganan sistem drainase perkotaan berwawasan lingkungan yang dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku, maka modul untuk para pelaksana  dalam penanganan sistem drainase perkotaan diterbitkan.

Pengelolaan sistem drainase perkotaan harus mengacu pada SIDLACOM yang  dimulai dari tahap survey, investigasi, perencanaan, pembebasan lahan, konstruksi, operasi, pemeliharaan dan ditunjang dengan peningkatan kelembagaan, pembiayaan serta partisipasi masyarakat.

 Pemahaman tentang sistem drainase perlu ditingkatkan terutama kepada pihak yang terlibat, baik bagi pelaksana maupun  masyarakat. Hal ini dilakukan agar penanganan permasalahan sistem drainase dapat  dilakukan secara terus menerus dengan sebaik baiknya.

Selain dasar-dasar teknik dan manajemen drainase perkotaa, buku ini membahas pula perencanaan, master plan dan studi kelayakan yang terdiri dari proses desain, tata cara pembuatan rencana induk drainase perkotaan, tata cara pembuatan  studi kelayakan drainase perkotaan, tata cara pembuatan detail desain drainase perkotaan, analisa hidrologi terapan untuk perencanaan drainase perkotaan, curah hujan dan jumlah aliran limpasan hujan, metode perkiraan banjir DAS, analisa hidraulika terapan untuk perencanaan drainase perkotaan, hidraulika jalur air di jembatan dan hal hal khusus lainnya, analisa struktur bangunan air, aspek praktis dari desain drainase dan gambaran teknis perencanaan. Disini tidak tertinggal dibahas pula tentang konstruksi dan pengelolaan yang terdiri dari pelaksanaan pembangunan drainase perkotaan, clean contruction, operasi dan pemeliharaan sistem drainase perkotaan, tata cara penyusunan biaya operasi dan pemeliharaan drainase, ecodrain, gejala pasang dan drainase di daerah rendah dan sistem pemompaan banjir.



Post Date : 03 Januari 2012