Diseminasi dan Sosialisasi Keteknikan Bidang PLP: Materi I Bidang Sampah

Pengarang:M Sjukrul Amien (Kt pengantar)
Penerbit:Jakarta: Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum, 2011,304 hal + gambar, 25 cm
No. Klasifikasi:363.728 DIS
Kata Kunci:Sampah, Diseminasi, PLP.
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

Buku yang diawali dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 21/PRT/M/2006 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Pengelolaan Persampahan (KSNP-SPP) dan matriks kebijakan dan strategi Nasional Sistem pengembangan Pengelolaan Persampahan (KSNP-SPP) membahas tentang permasalahan yang berhubungan dengan persampahan di Indonesia, merupakan buku pertama dari dua buku yang membahas tentang diseminasi dan sosialisasi keteknikan bidang PLP khususnya bidang sampah.   

Meningkatnya jumlah penduduk,  laju pertumbuhan ekonomi serta pembangunan di daerah membawa berbagai macam dampak. Salah satu dampak yang timbul yaitu meningkatnya jumlah sampah baik sampah rumah tangga maupun sampah industri.  Apabila sampah tidak ditangani secara baik maka akan dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit, estetika lingkungan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk itu diperlukan sistem pengelolaan yang dilakukan secara komprehensif dan terpadu.

Selain kebijakan yang terkait dengan persampahan, buku ini membahas pula dasar-dasar sistem pengelolaan sampah, proses penyusunan perencanaan sistem pengelolaan persampahan, penanganan sampah di sumber sampah, pengangkutan sampah, pemilihan alat angkut dan alat berat persampahan, pengelolaan sampah,  pedoman umum 3R permukiman dan pemrosesan akhir sampah.



Post Date : 03 Januari 2012