Diterjang Banjir, Layanan Air Minum di Daerah Terhenti

Sumber:Media Indonesia - 21 November 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

PELAYANAN air minum dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang, Jawa Timur, lumpuh setelah diterjang banjir. Hujan yang terus mengguyur kawasan itu membuat air menjadi keruh sehingga mengganggu layanan PDAM.

Menurut Direktur Teknik PDAM Kabupaten Malang Sulasmani, bencana banjir juga memutuskan jaringan perpipaan sehingga sebanyak 130 pelanggan di Sawojajar 2 dan Pakis terhenti sementara. “Ka mi masih melakukan perbaikan,“ ujarnya.

Banjir juga mengakibatkan terganggunya layanan air bersih dari PDAM Kota Malang. Karena pompa air di Wendit 1, Wendit 2, dan Wendit 3 terendam air bercampur lumpur, layanan air bersih untuk 70% dari 116 ribu pelanggan menjadi keruh.

Di Cianjur, Ja wa Barat, aki bat dinding pembatas bahu jalan ambrol di Kampung Puncak Bo tol, Desa Cilo to, Kecamatan Cipanas, arus ken daraan dari arah Puncak me nuju Cipanas, maupun sebaliknya macet total.

Runtuhan pem batas jalan sepanjang 30 meter dengan tinggi 6 meter itu menutupi badan Jalan Ra ya Cipanas-Puncak, kemarin. Berdasarkan infor masi, dinding beton yang berada dekat Pos Polisi Ciloto itu ambrol diduga lantaran tidak kuat lagi menahan beban air bersamaan turunnya hu jan deras belakangan.

Untuk menghindari kemacetan kendaraan, apa rat kepolisian dan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur pun langsung terjun ke lokasi untuk membersihkan material longsoran dari badan jalan. Sejumlah anggota polisi lalu lintas Polres Cianjur pun terpak sa melakukan bukatutup jalan untuk mengatur arus lalu lintas kendaraan.

“Iya laporannya sudah kami terima. Saat ini ka mi sudah menerjunkan personel ke lokasi kejadian untuk melakukan assessment,” kata Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Cianjur Yad Ahyad.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Cianjur AKP Achmad Suprijatna mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur mendatang kan alat berat untuk membersihkan material longsoran tanah. (BN/BK/N-3)



Post Date : 21 November 2012