Drainase Bandara Perlu Ditata

Sumber:Koran Sindo - 05 Februari 2008
Kategori:Drainase
TANGERANG(SINDO) Sistem saluran air (drainase) di area Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng saat ini memerlukan perbaikan.

Kepala Kantor Cabang Angkasa Pura II Haryanto mengatakan, sistem drainase di bandara sudah tidak dapat lagi menampung tingginya debit air jika terjadi intensitas hujan seperti Jumat (1/2) lalu. Meski begitu, Haryanto menjelaskan saluran air di bandara berfungsi dengan baik.

Saat ditanya kapan akan diperbaiki saluran air di bandara itu, Haryanto mengatakan belum tahu kapan.Saya rasa tidak bisa segera,karena perlu dilakukan pengecekan ulang mana saja saluran yang tersumbat dan sebagainya, kata Haryanto, kemarin. Namun, Haryanto berjanji Angkasa Pura II akan melakukan perbaikan.

Diketahui, pada Jumat (1/2) lalu, banjir di jalan bandara, seperti di depan kantor Administrator Bandara, Garuda Maintance Facilities, Bea Cukai, dan Polres Metro Bandara mencapai selutut orang dewasa. Sejumlah pihak juga mendesak agar drainase bandara segera diperbaiki. Kasat Lantas Polres Metro Bandara Kompol Sutimin mengatakan, seluruh drainase yang ada saat ini harus tata ulang dan dibangun dengan skala jangka panjang.

Menurut Sutimin, jauh sebelum terjadi banjir besar seperti Jumat (1/2) lalu,pihaknya sudah sering memberitahukan kepada Angkasa Pura II agar jalan dan drainase yang ada harus segera diperluas.

Ini sudah saya sering sampaikan. Apa tidak malu pintu utama di negeri ini kebanjiran, tegasnya. Lebih lanjut Sutimin memperkirakan, jika tidak segera diperbaiki akan banyak pengguna jasa bandara yang mengalami kerugian baik waktu dan materiil. Bisa dibayangkan kerugian para pengguna jasa bandara yang kendaraannya terjebak karena tergenang air. Terakhir, saya menderek sekitar 20 kendaraan. Itu bukan kendaraan di Tol Sedyatmo tetapi di dalam bandara ini, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyidikan dan Penyelidikan Kantor Bea Cukai Bandara Eko Darmanto menyatakan, saat ini sudah seharusnya Pemprov Banten dan DKI Jakarta bekerja sama untuk mencegah terjadinya banjir di area bandara. Dia juga meminta kedua pemprov tersebut tidak lagi saling tuding siapa yang harus bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan.

Semua harus sepakat segera mencari solusi, sedangkan untuk pengelola bandara ini saya kira harus memperbaiki sistem drainase. Meski baru sekali banjir ke depan kantor kami, saya kira perbaikan harus sekarang juga, tegasnya. Eko melihat, jika hal ini terjadi terus ditakutkan, citra bandara menurun. Ini kan bandara internasional, ungkapnya. (denny irawan)



Post Date : 05 Februari 2008