Drainase Buruk, Jalan Raya CiawiSukabumi Rusak

Sumber:Koran Sindo - 09 Februari 2008
Kategori:Drainase
BOGOR (SINDO) Buruknya drainase atau saluran air mengakibatkan sejumlah ruas jalan di kawasan Bogor Selatan, khususnya Jalan Raya CiawiSukabumi cepat rusak.

Berdasarkan pantauan, kerusakan terjadi di beberapa titik, misalnya di kawasan Industri Teluk Pinang, Desa Bitung Sari, Ciawi, atau tepatnya di depan PT Honoris Industry. Jalan yang belum lama ini diperbaiki Dinas Bina Marga dan Pengairan Jawa Barat itu terdapat banyak lubang. Kerusakan tersebut juga mengakibatkan ruas Jalan Raya CiawiSukabumi kerap terjadi kemacetan parah. Misalnya, di Kampung Ranji, Desa Telukpinang, air sempat meluap dan membanjiri jalan.

Beruntung, pada Kamis (7/2) lalu warga telah memperbaiki saluran air dari talang sehingga jalan tidak lagi tergenang air, kata Rudiansyah, 35, warga sekitar, kemarin. Menurut Camat Ciawi Zaenal Arifin, yang menangani hal tersebut bukan hanya tugas Dinas Bina Marga dan Pengairan, tapi juga harus melibatkan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebersihan dan Sanitasi dan UPTD Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Kabupaten Bogor.

Sebab, melubernya air diakibatkan drainase yang semakin menyempit akibat pembangunan serta tersumbat karena sampah, jelas Camat Ciawi Zaenal Arifin. Kepala UPTD Kebersihan dan Sanitasi Air Wilayah Ciawi Nafsir Saepudin mengatakan, volume sampah di selatan Kabupaten Bogor dan Puncak tidak kurang dari 1.200 m3/hari.

Sampah yang terlayani hanya 120 m3/hari dan peningkatan sampah per tahun mencapai 200 m3, jelasnya. Pihaknya mengimbau agar masyarakat, khususnya para pemilik vila, restoran, dan hotel, mau membuang sampah pada tempatnya serta mau dikelola Dinas Cipta Karya Kab Bogor. Jadi, tidak lagi membuang sembarangan, pungkasnya. (haryudi)



Post Date : 09 Februari 2008