Drainase Cijago, Tumpuan Solusi Banjir Margonda

Sumber:Jurnal Nasional - 13 November 2012
Kategori:Drainase
TATA Kelola drainase Tol Cinere Jagorawi (Cijago) menjadi tumpuan mengatasi masalah banjir Margonda. Pemerintah Kota Depok berharap pembangunan drainase tersebut cepat selesai.
 
"Tata kelola air di Margonda dan Juanda akan terbantukan jika drainase Tol Cijago telah dibangun, terutama di Seksi II Tol Cijago. Air hujan yang mengguyur akan masuk ke drainase tol, termasuk air Situ Pengarengan," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Bina Marga dan SDA Kota Depok, Heri R Gumelar, Senin (12/11).
 
Heri mendorong agar pemerintah pusat segera menyelesaikan pembangunan Tol Cijago. Dikatakan, tahun ini pihaknya tengah melakukan pembangunan drainase di Mekarsari, Cimanggis, Depok. Pembangunan drainase itu akan terus dilakukan hingga 2013. Dananya Rp10 miliar. Kemudian juga pembangunan drainase di Jalan Merdeka, Sukmajaya, Depok. Selain itu juga mengatasi titik banjir di Villa Pamulang. "Kita terus berupaya benahi drainase," katanya.
 
Heri menjelaskan, tahun 2013 normalisasi Situ Pesanggrahan juga akan dilakukan. Kemudian juga penurapan Kali Laya. Hal itu dilakukan untuk mengatasi banjir di Taman Duta dan Bukit Cengkeh. "Normalisasi situ merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. Kami menunggu perintah saja. Kami siap menunggu bantuan dari DKI Jakarta untuk normalisasi Situ Pesanggrahan dan Situ Pangarengan. Dua situ itu dekat dengan Jakarta," tuturnya.
 
Heri menambahkan, hingga saat ini 33 titik banjir di Kota Depok belum teratasi. Hal itu disebabkan karena proses pembangunan, terutama pesatnya pembangunan perumahan. "Adanya alih fungsi lahan oleh perumahan membuat titik banjir hingga kini belum teratasi. Harusnya dibuat resapan air, dan drainase ini didirikan bangunan. Ini yang menjadi problem," ungkapnya. Bahkan, lanjut Heri, banyak perumahan tidak dilengkapi sistem drainase yang baik serta tidak memiliki resapan air. Pada rumah-rumah penduduk juga demikian.
 
Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Abdul Ghofar menyatakan, pihaknya berharap tata kelola air di Kota Depok untuk mengatasi banjir bisa segera diwujudkan. Sebab, tata kelola air itu saat ini masih dibahas dalam Raperda IMB dan RTRW. Iskandar Hadji


Post Date : 13 November 2012