Drainase Kota Tak Layak

Sumber:Banjarmasin Post - 19 Juni 2006
Kategori:Drainase
Sampit, BPost Saluran pembuangan air atau drainase di beberapa titik di kota Sampit tak layak. Ini mengingat lebar dan kedalaman drainase tidak lagi mampu menampung air saat hujan. Seperti saat hujan beberapa hari lalu, kawasan Jalan MT Haryono dan sebagian pemukiman di Jalan HM Arsyad sempat tergenang.

Menurut Hanafi, warga Jalan Kopi, air langsung menggenangi halaman rumah warga akibat besarnya selokan tidak sebanding dengan air yang mengalir saat hujan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kotim, Berkatullah menampik kondisi tersebut. Menurutnya, masalah peningkatan drainase sudah menjadi program kerjanya namun masih terkendala pendanaan.

Dijelaskan, kawasan Jalan MT Haryono merupakan salah satu dari beberapa titik rawan banjir. Kesimpulan itu merupakan hasil kajian yang dilakukan konsultan dari pusat 2004 lalu tentang banjir dalam kota meliputi kawasan Ketapang dan Baamang.

Dalam desain yang dibuat, peningkatan drainase direncanakan mulai tahun anggaran 2005 hingga 2008. Namun karena terbatasnya dana yang dimiliki, rencana tersebut belum dapat direalisasi. "Tapi program ini akan dilakukan secara bertahap dengan melihat kemampuan keuangan daerah," pungkasnya. mgb

Post Date : 19 Juni 2006