Dua Situ di Tangerang Berubah Jadi Lapangan dan Jalan Tol

Sumber:Media Indonesia - 30 Juli 2009
Kategori:Lingkungan

TANGERANG-MI: Dua situ (danau) yang berada di Kota Tangerang, Banten, beralih fungsi untuk membangun sekolah dan jalan bebas hambatan (tol) Sedyatmo, Kecamatan Benda, dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Rabu (29/7), mengatakan dua situ yang telah beralih fungsi di wilayah ini adalah untuk kepentingan umum seperti jalan dan sekolah.

Menurut dia, dua situ yang hilang itu yakni Situ Rawa Kompeni di dekat bandara, Situ Kambing di Karang Tengah yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat untuk lapangan bola dan sekolah.

Dia menambahkan, awalnya di daerah ini terdapat sembilan situ, di antaranya, Situ Cangkring, Situ Cipondoh, Situ Gede, Situ Kunciran, Situ Bulakan, Situ Plawad, Situ Bojong, Situ Kompeni dan Situ Kambing.

"Namun seiring perjalanan waktu saat ini tinggal tujuh situ yang masih ada, dua diantaranya sudah beralih fungsi masing-masing Situ Kompeni terkena lintasan Tol Sedyatmo dan Situ Kambing di bangun sekolah dan lapangan olah raga," katanya.

Arief mengatakan masalah tersebut usai menerima anggota Badan Pengawasan Keuangan (BPK) untuk melakukan audit terhadap eksistensi situ yang ada di Kota Tangerang, agar keberadaannya dapat bermanfaat dan berfungsi optimal.

Namun dia mengharapkan bahwa kejadian jebolnya tanggul Situ Gintung, Kelurahan Cirendeu, Kota Tangerang Selatan agar tidak terjadi di Kota Tangerang.

Dia menambahkan bahwa pengawasan, pengendalian dan pemanfaatan situ merupakan tanggungjawab Pemerintah Provinsi Banten.

Walau begitu, Pemkot Tangerang tetap berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan demi melindungi keselamatan warga masyarakat dan keberlangsungan situ sebagai wilayah resapan air.

Dia mengatakan dalam pengelolaan situ agar ada penyelesaian yang lebih baik bukan saja secara fisik tetapi ada konsep penanganan dan letak kewenangannya.

Sedangkan tim audit BPK bekerja selama 40 hari untuk mencari masukan dan data yang bertitik berat pada dua kunci yakni mengenai penilaian kinerja penanggulangan bencana dan kinerja pengelolaan situ. (Ant/OL-7)



Post Date : 30 Juli 2009