Eko Hidraulik Pembangunan Sungai: Menanggulangi Banjir Dan Kerusakan Lingkungan Wilayah Sungai (edisi 2)

Pengarang:Maryono, Agus
Penerbit:Yogyakarta, Program Magister Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, 2005
No. Klasifikasi:627. 092 MAR e
Kata Kunci:Pembangunan Hidraulik
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku
Dengan laju perkembangan kesadaran lingkungan dan kesadaran berpikir holistik dunia internasional dewasa ini serta ditemukannya berbagai dampak negatif yang sangat besar dari rekayasa hidraulik murni, maka pola rekayasa interdisipliner baru dengan memadukan antara rekayasa hidraulik dan pertimbangan ekologi/lingkungan pada setiap penyelesaian masalah keairan.

Buku Eko Hidraulik pembangunan sungai memberikan wacana konsep pengembangan wilayah sungai. Eko-Hidraulik sendiri merupakan ilmu interdisipliner yang memadukan antara komponen ekologi dan komponen hidrolika. Perpaduan dua disiplin tersebut justru dalam perkembangannya dapat saling sinergis mutualisme yang menguntungkan secara ekologis dan hidraulis.

Buku ini diharapkan dapat merubah pola pikir para ahli hidraulik-hidrologi murni untuk mencoba menyeberang masuk ke dalam komponen ekologi guna mengembangkan metode - metode baru yang secara teknis dapat dipertanggungjawabkan dan dapat mendukung pelestarian dan perkembangan ekologi wilayah keairan.



Post Date : 20 Desember 2006