Ekspedisi Citarum: Laporan Jurnalistik Kompas, Sejuta Pesona dan Persoalan

Pengarang:Janes Eudes Wawa (editor)
Penerbit:Jakarta: Kompas, 2011, xxiii, 358 hal + gambar, 23 cm
No. Klasifikasi:551.483 EKS
Kata Kunci:Citarum, Sungai, Konservasi, Air Minum, Sedimentasi, Banjir, Waduk, Daerah Aliran Sungai, Pencemaran,
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Berbagai kegiatan  dilakukan para wartawan dalam menyusuri sungai Citarum, mulai dari kaki Gunung Wayang di Kabupaten Bandung sampai  ke titik terhilir di Muara Gembong Kabupaten Bekasi, baik dalam bentuk laporan maupun foto-foto terkumpul dalam buku ini.  Laporan dan foto foto ini memberikan gambaran menyeluruh dan utuh tentang kondisi sungai Citarum selama ekspedisi berlangsung.

Kawasan sungai Citarum merupakan daerah sungai utama di Provinsi Jawa Barat yang melewati dan mengairi Waduk Saguling di Kabupaten Bandung, Waduk Cirata di perbatasan Kabupaten Bandung Barat, Cianjur dan Purwakarta serta Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta. Sungai Citarum ini merupakan sungai yang peran dan fungsinya sangat strategis, selain hasil listriknya digunakan untuk menerangi Pulau Jawa dan Bali, Citarum juga mengairi puluhan ribu hektar lahan pertanian dan perikanan, pemasok utama air untuk industri serta mensuplai air baku yang diolah menjadi air minum bagi 80 persen warga Jakarta.

Saat ini pencemaran dan sedimentasi menggerogoti sungai Citarum.  Kondisi ini dapat berakibat buruk pada kesehatan masyarakat dan lingkungan disekitarnya. Bila hal ini terus berlangsung dikhawatirkan peran dan fungsi citarum  akan turut tergerus. Untuk itu diperlukan langkah-langkah tepat untuk menanggulanginya.



Post Date : 18 Juni 2012