Empat Kabupaten di Banyumas Kekeringan

Sumber:Media Indonesia - 10 Agustus 2004
Kategori:Air Minum
Empat kabupaten di wilayah Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), bagian selatan kekeringan, sebanyak 148.797 keluarga atau 1.103.560 jiwa terancam kekurangan air bersih.

Empat kabupaten yang kekeringan itu, berdasarkan laporan yang diterima Badan Koordinasi Lintas (Bakorlin) Kabupaten/Kota III wilayah Banyumas-Pekalongan, adalah Kabupaten Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, dan Kabupaten Purbalingga.

''Kita memang telah menerima laporan dari daerah-daerah mengenai bencana kekeringan dan langsung kita laporkan kepada gubernur,'' kata Kepala Bidang (Kabid) Antarlembaga Bakorlin III Djoko Santoso, kemarin.

Menurutnya, ancaman kekeringan di empat kabupaten wilayah Keresidenan Banyumas yang paling luas terjadi di Kabupaten Cilacap dan Purbalingga. Di Kabupaten Cilacap, wilayah yang kekeringan meliputi 12 kecamatan dengan jumlah penduduk 125.431 jiwa atau 31.280 keluarga. Sedangkan di Kabupaten Purbalingga yang kekeringan meliputi 15 kecamatan dengan jumlah penduduk 264.937 jiwa atau 64.270 keluarga.

Di Kabupaten Banyumas kekeringan melanda 12 kecamatan dengan penduduk 50.000 jiwa atau 10.609 keluarga. Sedangkan di Kabupaten Banjarnegara kekeringan melanda 10 kecamatan dengan jumlah penduduk yang terancam kesulitan air bersih sebanyak 213.192 jiwa atau 42.638 keluarga.

Sekretaris Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (PBP) Banyumas Budi Pramono mengakui telah mendengar adanya sejumlah tempat yang mulai kekurangan air bersih yakni di Banyumas timur bagian selatan seperti Kecamatan Sumpiuh dan Tambak. Namun, pihak kecamatan setempat belum mengirimkan surat permintaan pasokan air bersih.

Kekeringan juga mulai melanda lahan pertanian di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim). Ratusan hektare (ha) lahan pertanian padi di lima kecamatan kini mengering. yaitu Kecamatan Pakel (200 ha), Kalidawir (95 ha), Bandung (350 ha), Campurdarat (210 ha), dan Kecamatan Rejotangan (35 ha).

Sementara itu, di Kabupaten Blitar sebagian penduduk yang tinggal di daerah perbukitan mulai kesulitan air bersih. Di antaranya di wilayah Kecamatan Kademangan, Bakung, Wates dan Kecamatan Panggungrejo. (LD/ES/N-2)

Post Date : 10 Agustus 2004