Game Pungut Sampah untuk Sadarkan Warga

Sumber:Suara Merdeka - 04 Oktober 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SEMARANG - Berbagai upaya dilakukan Plt Wali Kota Hendrar Prihadi untuk mengajak masyarakat agar bisa menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan menggelar ”game pungut sampah”. 
 
Dalam permainan ini warga pengumpul sampah terbanyak mendapatkan hadiah. Terobosan game pungut sampah tersebut dilakukan usai melakukan jalan sehat dan dialog bersama warga Kelurahan Gabahan, Kecamatan Semarang Tengah di halaman Kelenteng See Hoo Kiong, Selasa (2/10).  
 
Game dipandu langsung oleh Hendi, sapaan Hendrar Prihadi, dan mendapat sambutan dari ibu-ibu yang hadir di acara tersebut. Mereka langsung bergegas memungut sampah baik organik maupun anorganik yang berserakan di halaman kelenteng. Sampah yang dikumpulkan kemudian diminta untuk dipilah-pilah dan dihitung. Yang mengumpulkan sampah terbanyak mendapat door prize dari Plt Wali Kota berupa uang Rp 500 ribu, sedang peserta lain mendapat masing masing Rp 100 ribu.
 
”Hari ini saya memberikan hadiah kepada warga yang peduli akan kebersihan. Tapi mulai besok dan seterusnya, menjaga kebersihan merupakan suatu kewajiban bersama. Kalau melihat sampah di lingkungannya harus segera diambil, jangan didiamkan,” kata Hendi. 
 
Permainan dengan mengambil dan mengumpulkan sampah, dimaksudkan untuk memotivasi dan memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. ”Apabila kita tidak punya semangat membuat lingkungan bersih akan berakibat lingkungan menjadi kotor dan kumuh. Saluran yang tersumbat akibat sampah, juga akan berpotensi menimbulkan banyak penyakit,” tegasnya.
 
Ditambahkan, masyarakat Kota Semarang harus paham akan pentingnya kebersihan. Seluruh warga bisa menjadi satu keluarga besar dan bisa saling mengingatkan akan pentingnya hidup bersih. 
 
Minta Diingatkan
 
”Begitu juga apabila pemerintah keliru dalam melakukan kebijakan. Kami minta untuk diingatkan. Tapi kritiknya jangan asal, dan harus jelas,” tegasnya.  
 
Plt Wali Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang selama ini turut serta menjaga keamanan wilayah. Kota Semarang, katanya, terkenal sebagai kota yang kondusif karena didukung semua elemen masyarakat. 
 
”Kebersamaan yang sudah ada, kami minta untuk ditingkatkan. Karena kondusifitas suatu wilayah adalah dasar dari semua proses menuju percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan,” jelas Hendi.
 
Plt Sekda Kota Adi Tri Hananto juga mengingatkan kepada seluruh warga Kelurahan Gabahan untuk selalu waspada akan kasus kebakaran. Salah satu yang harus diwaspadai adalah instalasi listrik. ”Selain itu, di musim penghujan nanti warga juga harus mewaspadai penyakit demam berdarah,” tandasnya.(H71,H35-69)


Post Date : 04 Oktober 2012