Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Digencarkan

Sumber:Suara Merdeka - 18 Oktober 2011
Kategori:Sanitasi
SEMARANG - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jateng Ny Sri Suharti Bibit Waluyo meminta seluruh kalangan,  termasuk para kader PKK menggencarkan sosialisasi gerakan cuci tangan memakai sabun sampai di tingkat paling bawah. Gerakan untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat ini juga penting diajarkan khususnya pada anak-anak usia sekolah dasar.
 
’’Kita biasakan dari yang hanya mencuci pakai air, sekarang menggunakan sabun untuk menghilangkan kuman-kuman, terutama sebelum makan dan sesudah buang air besar,’’ jelas Sri Suharti di sela-sela gerakan cuci tangan memakai sabun di Gedung PKK Jalan Sriwijaya, Senin (17/10).
 
Menurut dia, upaya mencuci dengan sabun merupakan langkah preventif dan promotif secara terpadu dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Disinilah peran tim penggerak PKK penting untuk mensosialisasikan upaya tersebut.
 
Dalam kegiatan ini, puluhan siswa kelas V SD Tegalsari 03 turut serta berpartisipasi mempraktekkan cara mencuci tangan dengan sabun yang benar. Sebagian besar dari siswa memang mengaku sudah mendapatkan pengetahuan tersebut di sekolah atau di rumah, namun terkadang hal ini lupa dilakukan.
 
’’Ya kadang-kadang lupa kalau pakai sabun, tapi terus diingatkan sama ibu guru,’’ ujar Melly salah satu siswa.
 
Sri Mulyani, guru kelas V SD Tegalsari 03 menambahkan, sebelumnya kegiatan ini memang pernah dilakukan tetapi karena satu dan lain hal sempat vakum. Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan bisa mengingatkan kembali para guru dan siswa lainnya untuk bisa lebih menyadari pentingnya cuci tangan memakai sabun. Bukan hanya di sekolah, para guru dan murid juga bisa menularkan ajaran soal cuci tangan di lingkungan sekitarnya.
 
’’Memang sempat vakum, tetapi kami akan optimalkan kembali kegiatan seperti ini tidak hanya di kelas V tetapi juga adik-adik kelas mereka dan kelas VI,’’ ungkap Sri. (J14,J17-61)


Post Date : 18 Oktober 2011