Green Festival 2010 Dibuka Pagi Ini

Sumber:Komopas - 05 November 2010
Kategori:Greenfest

Jakarta, Kompas - Dengan tujuan melakukan kampanye tentang upaya penanganan pemanasan global, enam perusahaan yang tergabung dalam Green Initiative Forum mulai Jumat pagi pukul 10.00 menggelar Green Festival 2010. Festival sengaja dibuka pagi hari untuk menampung pengunjung siswa sekolah meski secara resmi acara baru dibuka siangnya oleh Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta.

Green Festival ini merupakan acara tahunan ketiga yang digelar oleh Green Initiative Forum (GIF) yang terdiri dari Pertamina, Unilever Indonesia, Danone-Aqua, Kompas, MetroTV, dan Female Radio. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini 26 komunitas dan lembaga swadaya masyarakat yang aktif di bidang lingkungan ikut meramaikan acara festival dalam bentuk pameran, lokakarya, atau pelatihan.

”Beberapa sekolah sudah menyatakan akan hadir membawa siswanya pada Jumat pagi. Ada sekolah yang bahkan melibatkan siswa mulai dari kelas II SD. Ini menggembirakan karena penyelenggara pendidikan semakin peduli kepada lingkungan,” ujar Silvi Tirawaty, Wakil Ketua Panitia Green Festival yang juga Manajer Unilever Peduli, Kamis (4/11) di Jakarta.

Green Festival yang digelar di tempat terbuka di Parkir Timur Senayan, Jakarta, ini secara garis besar akan membagi areal menjadi tiga bagian, yaitu experience tunnel atau wahana pengalaman, kawasan komunitas, dan kawasan bermain anak-anak. Sebagaimana layaknya festival, selain kampanye serta berbagai acara klinik dan lokakarya, di dalam Green Festival juga akan digelar berbagai pertunjukan musik dan kesenian.

”Untuk remaja dan umum, kami menggelar berbagai workshop sampai hiburan,” ujar Fifi Sumarno, wakil Female Radio di kepanitiaan Green Festival.

Untuk Jumat, setelah acara pembukaan pukul 14.00 yang diwarnai dengan Arumba Saung Angklung Udjo Feat serta pertunjukan musik gitar ibu dan anak Daraduo, panggung hiburan akan diisi oleh Endah N Rhesa, Be3, dan Konig Band. Esoknya, Sabtu pagi, Sekolah Alam Cikelas akan menggelar ”Operet Hutan Kami” dilanjutkan dengan pembacaan puisi dalam bahasa Inggris dan tari betawi dari TK Tarakanita I serta sajian dari Sekolah Alam Indonesia. Untuk hiburan, Sabtu sore akan tampil Jelita Band, Ancol Art Academy, Flora Band, Imagi Band, dan ditutup kelompok musik She.

Untuk hari Minggu, Green Festival dimulai pukul 07.00 dengan Fun Bike dilanjutkan pertunjukan SOU, operet ”Save Our Forest” dari kelompok Sabit, penampilan tari saman dari Cikal Harapan, tari dari Universitas Indonesia, kelompok vokal Prisma, Ensemble Opus 78 solo gitar Jubing Kristianto, dan berbagai pertunjukan lainnya. (nug)



Post Date : 05 November 2010