Guru Perlu Penanaman Cinta Lingkungan

Sumber:Kompas - 26 Desember 2008
Kategori:Lingkungan

Yogyakarta, Kompas - Penanaman cinta lingkungan kepada murid akan lebih mudah dilakukan apabila guru juga berwawasan lingkungan. Oleh karena itu, penanaman rasa cinta lingkungan perlu dilakukan terhadap guru terlebih dahulu.

Anggota Lembaga Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah, Bakti Setiawan, mengatakan, rasa cinta lingkungan perlu ditumbuhkan agar guru mempunyai niat dan sikap yang konsisten dalam mempraktikkan pendidikan berwawasan lingkungan. ”Wawasan lingkungan terhadap guru salah satunya ditumbuhkan dengan pemberian pengetahuan tambahan di bidang lingkungan hidup,” katanya dalam Workshop Green School di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Rabu (24/12).

Hadir pula dalam lokakarya ini 50 perwakilan dari guru, dinas pendidikan, dan pemerhati masalah lingkungan. Kepala SD Muhammadiyah Pakel Hadi Nuryanto mengatakan, penanaman cinta lingkungan perlu diprioritaskan kepada guru pendidikan tingkat dasar. Pasalnya, penanaman cinta lingkungan akan lebih efektif jika dilakukan pada usia dini.

Selain itu, guru juga perlu memperoleh dukungan dari sistem pendidikan. Dukungan ini dapat berupa kurikulum dan sarana pembelajaran yang sesuai. Lingkungan sekolah harus dibuat asri agar bisa menjadi media pembelajaran bagi murid.

Direktur MTs dan MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Fauzi Tri Astuti mengungkapkan, rendahnya kesadaran lingkungan pada sejumlah warga sekolah masih kerap menjadi kendala dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan. ”Contoh lebih efektif dari kampanye apa pun,” ujarnya. (IRE)



Post Date : 26 Desember 2008