Hari Toilet se Dunia

Kategori:Sanitasi

Urusan buang air besar/kecil sering dianggap sepele oleh banyak orang. Kita tidak menyadari bahwa menghabiskan waktu di toilet merupakan sesuatu yang sangat “vital” yang dilakukan dari lahir sampai akhir hayat dan tidak bias kita hindari. Coba Anda hitung sendiri Berapa lama kita menghabiskan waktu di toilet seumur hidupnya jika  tiap hari 10 menit kita di toilet tiap harinya.

Itu sebabnya, urusan toilet ini bisa menjadi penting bahkan menjadi urusan dunia. Itu sebabnya terbentuk sebuah badan bernama World Toilet Organization yang berdiri tanggal 21 Nopember 2001 dalam World Toilet Summit di Singapura.  Badan dunia ini juga menetapkan tanggal 19 Nopember sebagai hari toilet sedunia.

Tidak lama kemudian di Indonesia berdiri Asosiasi Toilet Indonesia. Asosiasi tersebut bersama dengan Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata melakukan penilaian dan pemberian peringkat terhadap bandara-bandara yang ada di Indonesia. Penghargaan Toilet Award diberikan bagi bandara yang memenuhi kriteria sesuai dengan Standard  yang dikeluarkan oleh Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata bersama Asosiasi Toilet Indonesia, serta mengacu kepada Standard Internasional dari World Toilet Organization.


Selain Toilet Award, asosiasi ini juga berupaya melakukan sosialisasi lewat berbagai media untuk memberikan pemahaman akan pentingnya toilet yang bersih dan sehat bagi kesehatan. Lebih lanjut silahkan telusuri dalam website di bawah :

http://www.ati.inias.net/

http://worldtoilet.org/

http://www.worldtoiletevents.com/



Post Date : 18 November 2008