Hasil Lokakarya Konsolidasi Data Cakupan dan Investasi Pengembangan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Penerbit:WASPOLA, Desember 2005, 32 hal
Tahun Terbit:Th. 2005
No. Klasifikasi:371.37 WAS h
Kata Kunci:prosiding, konsolidasi data AMPL, Prov. Kepulauan Babel
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Lokakarya ini adalah lokakarya dari serangkaian kegiatan fasilitasi kebijakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tema besar lokakarya ini Konsolidasi Data Cakupan dan Investasi Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat, dan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Desember 2005 di Hotel Mitra, Pangkalpinnag, Bangka. Lokakarya ini merupakan salah satu proses fasilitasi pengembangan rencana startaegis pembangunan AMPL di daerah, yang dirancang untuk memberikan bantuan teknis dalam melakukan konsolidasi data dasar pembangunan AMPL daerah yang selanjutnya dimanfaatkan sebagai landasan penetapan target dan rencana yang realistis serta membangun kesadaran bersama pentingnya sistem pengelolaan data AMPL yang efektif di daerah.
 
Tujuan lokakarya ini adalah melakukan konsolidasi data AMPL daerah dan mengembangkan rencana sistem pengelolaan data yang efektif  dalam mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sektor AMPL di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
 
Proses lokakarya dimulai dengan pembukaan dan arahan, perkenalan peserta, pengungkapan harapan dan kekhawatiran, dilanjutkan dengan pemaparan gambaran penyusunan data AMPL, presentasi database pembangunan AMPL daerah; Kabupaten Bangka Selatan, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Induk, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Dilanjutkan dengan diskusi analisis kebutuhan penyusunan data AMPL, serta presentasi BPS provinisi kepualauan Bangka Belitung, presentasi hasil tugas kelompok daerah.
 
Output dari lokakarya ini adalah adanya gambaran proses pengumpulan data AMPL di kabupaten/kota baik di tingkat masyarakat maupun pemerintah, gambaran data cakupan AMPL 2005 kabupaten/kota dan provinsi, data investasi pembangunan AMPL yang telah terjadi 3 tahun terakhir, data perkiraan kebutuhan investasi/kesepakatan data yang akan dipakai guna penetapan target layanan AMPL menuju MDG 2015, instrument pengumpulan data cakupan AMPL yang dipakai oleh kabupaten/kota/propinsi, serta adanya kesepakatan sistem pengorganisasian dan pengelolaan data AMPL daerah.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Lokakarya
1.3 Output Lokakarya
1.4 Waktu dan Tempat
1.5 Peserta
1.6 Agenda Lokakarya

2. Proses Lokakarya
2.1 Pembukaan dan Arahan
2.2 Pengantar Lokakarya
2.3 Perkenalan Peserta
2.4 Paparan Gambaran Penyusunan Data AMPL
2.5 Presentasi Database Pembangunan AMPL Daerah
2.6 Diskusi Analisis Kebutuhan Penyusunan Data AMPL
2.7 Tugas Kelompok Daerah
2.8 Review Hari Pertama

3. Rencana Tindak Lanjut

4. Kesimpulan dan Rekomendasi
4.1 Kesimpulan
4.2 Rekomendasi

5. Lampiran
Draft Format Database AMPL Daerah
 



Post Date : 03 November 2008