Hasil Lokakarya Pengembangan Strategi Komunikasi Kebijakan Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Hotel Somerset Surabaya, 17 Februari 2005)

Penerbit:WASPOLA, 2005, 11 hal
Tahun Terbit:Th. 2005
No. Klasifikasi:371.37 WAS h
Kata Kunci:prosiding, hasil lokakarya, strategi komunikasi, kebijakan nasional AMPL, Surabaya
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Lokakarya penyusunan strategi komunikasi untuk Kebijakan Nasional AMPL Berbasis Masyarakat dan Berbasis Lembaga yang diadakan di Gran Melia, Jakarta pada November 2004 menghasilkan identifikasi kebutuhan yang mencakup perlunya pesan payung, identifikasi pemegang andil, dan strategi diseminasi kebijakan. Langkah kerja yang disepakati adalah perlunya pertemuan lanjutan untuk penentuan pesan payung Kebijakan Nasional AMPL, dan untuk mengidentifikasi kebutuhan bantuan teknis untuk penyusunan strategi komunikasi. Tindak lanjut dari lokakarya ini adalah diadakannya pertemuan WASPOLA, WSP-EAP, dan Kelompok Kerja (Pokja) AMPL di Sekretariat WASPOLA pada bulan Januari 2005, yang menghasilkan serangkaian masukan mengenai khalayak sasaran dari kegiatan komunikasi WASPOLA-Pokja, tujuan komunikasi, dan tanggapan yang diharapkan dari masing-masing khalayak sasaran. Keseluruhan hasil dari kedua pertemuan tersebut menjadi dasar penyelenggaraan Lokakarya Pengembangan Strategi Komunikasi Kebijakan Nasional AMPL ini.
 
Acara pertemuan dimulai dengan pengantar dan arahan mengenai pentingnya penyusunan strategi komunikasi untuk Kebijakan Nasional AMPL Berbasis Masyarakat dan Berbasis Lembaga secara partisipatif dalam rangka operasionalisasi Kebijakan untuk menuju ke arah tercapainya keberlanjutan layanan AMPL di Indonesia yang disampaikan oleh Oswar Mungkasa. Dilanjutkan dengan diskusi proses penyusunan dan implementasi strategi komunikasi sektor swasta. Fasilitator menampilkan dua studi kasus dari sektor swasta, dan para peserta diminta mengkaji kasus dua kasus produk komersial yang mereka kenal dengan baik, dan kemudian peserta melakukan sumbang saran. Semua peserta dilibatkan dalam keseluruhan proses aktual pengembangan dan penerapan strategi komunikasi ke dua produk tersebut, diskusi kelompok, presentasi kelopok, konsolidasi input/output kelompok dan finalisasi model komunikasi, penutupan, dan diakhiri dengan tanggapan peserta terhadap sesi komunikasi ini.
 
Output dari lokakarya ini adalah tersusunnya model komunikasi untuk digunakan sebagai dasar pengembangan strategi komunikasi Kebijakan Nasional AMPL.

Daftar Isi:

Daftar Isi

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Peserta Pertemuan
1.3 Waktu
1.4 Tempat
1.5 Agenda Pertemuan

2. Proses Pertemuan
2.1 Pengantar dan  Arahan Pertemuan
2.2 Alur Lokakarya dan Hasil yang Diharapkan
2.3 Pertanyaan yang tepat dan jawaban yang benar
2.4 Diskusi proses penyusunan dan implementasi strategi komunikasi sector swasta
2.5 Paparan hasil dua pertemuan komunikasi sebelumnya
2.6 Diskusi kelompok

3. Kesimpulan

Daftar Lampiran:
Lampiran 1 Daftar Peserta
Lampiran 2 Hasil Angket
Lampiran 3 Komentar Peserta


 



Post Date : 11 Juli 2008