Hasil Penguatan Kapasitas Pelaksanaan Kebijakan Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat di Daerah (Pelatihan Penguatan Kapasitas Fasilitasi, Sosialisasi, Operasionalisasi Kebijakan AMPL-BM di Kabupaten Bangka Selatan)

Pengarang:Pokja AMPL Kab. Bangka Selatan, Pokja AMPL Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Fasda AMPL
Penerbit:WASPOLA, Oktober 2005, 23 hal
Tahun Terbit:Th. 2005
No. Klasifikasi:371.37 WAS h
Kata Kunci:prosiding, hasil penguatan kapasitas fasilitator, AMPL-BM, Bangka Selatan
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Pelatihan Penguatan Kapasitas ini adalah pelatihan pertama dari serangkaian kegiatan fasilitasi Kebijakan  di Kabupaten Bangka selatan, utamanya implementasi Rencana Strategis Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat Kabupaten Bangka Selatan 2005-2015. Tema besar pelatihan ini Penguatan Kapasitas Fasilitasi, Sosisalisasi Operasionalisasi Kebijakan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL-BM), dan dilaksanakan pada tanggal 10-11 Oktober 2005 di Gedung Nasional, Toboali, Bangka Selatan.
  
Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman dan dukungan stakeholders daerah terhadap Operasionalisasi dan adopsi Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat di daerah, praktek modul fasilitasi kegiatan Pokja AMPL Kabupaten Bangka Selatan, identifikasi suka duka, hambatan dan tantangan dalam melaksanakan fasilitasi kegiatan, serta memperoleh masukan guna menjawab hal-hal tersebut.
  
Acara pelatihan dimulai dengan pembukaan dan arahan dan perkenalan peserta. Dilanjutkan dengan pemaparan materi-materi, sebagai berikut: Refleksi Pelaksanaan Otonomi Daerah, Keterkaitan Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat dengan Rencana Strategis Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat Kabupaten Bangka Selatan 2005-2015, Mengenal POD (Pendidikan untuk Orang Dewasa), Mengelola Kegiatan, dan materi Menjadi Fasilitator. Dilanjutkan dengan sesi praktek modul perkenalan, review hari pertama, praktek modul harapan dan kekhawatiran, praktek modul alur kegiatan, praktek modul kontrak belajar, praktek modul ice breaking, Mengelola Dialog Publik AMPL, Mengelola Kajian Lapangan, pemaparan materi Sanimas dan CLTS, review hari kedua, serta penutupan.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Pelatihan
1.3 Output Pelatihan
1.4 Waktu dan Tempat
1.5 Peserta
1.6 Agenda Pelatihan

2. Proses Pelatihan
2.1 Pembukaan dan Arahan
2.2 Pengantar Pelatihan
2.3 Paparan Materi Refleksi Pelaksanaan Otonomi Daerah
2.4 Pemaparan Materi Keterkaitan Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat dengan Rencana Strategis Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat Kabupaten Bangka Selatan 2005-2015
2.5 Pemaparan Materi Mengenal POD
2.6 Pemaparan Materi Mengelola Kegiatan
2.7 Pemaparan Materi Menjadi Fasilitator
2.8 Praktek Modul Perkenalan
2.9 Review Hari Pertama

3. Rencana Tindak Lanjut

4. Kesimpulan dan Rekomendasi
4.1 Kesimpulan
4.2 Rekomendasi
 



Post Date : 10 Juli 2008