Health & Hygiene Education Guideline Book

Penerbit:Indonesia, BORDA Balifokus BEST - LPTP, 29 hal
No. Klasifikasi:613 BRE h
Kata Kunci:petunjuk, health & hygiene, education guideline, promosi kesehatan
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Petunjuk

Sanitasi yang layak merupakan kebutuhan dasar dan telah terbukti penting bagi kesehatan. Sanitasi diartikan sebagai penyediaan layanan untuk pembuangan kotoran manusia yang aman. Dalam pengertian yang lebih luas, dapat juga diartikan sebagai perawatan kondisi yang higienis melalui pembuangan sampah dan air limbah serta promosi hygiene.
       
Sanitasi yang layak merupakan komponen kunci bagi perkembangan pengurangan kemiskinan, tidak hanya karena manfaat kesehatannya, namun juga dampak posit sosial, ekonomi dan lingkungan yang ditimbulkan. Namun fasilitas fisik semata tidak cukup untuk meningkatkan taraf kehidupan dan mencegah timbulnya penyakit. Oleh karena itu, Health and Hyginen Education (HHE – Pendidikan Kesehatan dan Hygiene) memainkan peranan yang penting dalam menginformasikan kepada masyarakat mengenai hygiene yang aman dan sejalan dengan penyediaan fasilitas sanitasi untuk menjamin keberlanjutan.
       
Panduan ini merupakan hasil dari pengembnagan Program Health and Hygiene Education untuk Sanitasi Berbasis Masyarakat (CBS) dengan sistem DEWATS di Indonesia. Di dalam panduan ini berisi metodologi untuk membantu BORDA-network partner dalam mempromosikan perubahan perilaku untuk praktek hygiene yang lebih aman dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anggota masyarakat. Tujuan dari panduan ini adalah sebagai alat yang dapat memberikan kontribusi bagi pengurangan penyakit diare yang merupakan salah satu dari tiga penyakit pembunuh teratas di negara berkembang.

Daftar isi:

Kata Pengantar

Tim IHE

Daftar Isi

Daftar Singkatan

Pendahuluan

Latar Belakang HHE

Gambaran HHE

Perkembangan Tool HHE

Kerangka Kerja HHE

Modul & Alat HHE

Dewasa

Anak-Anak

Memfasilitasi HHE

Panduan Umum

Pelatihan Fasilitator HHE

Bahan Pelatihan



Post Date : 05 April 2010