Hujan Deras, Jakarta Banjir

Sumber:Koran Tempo - 07 April 2009
Kategori:Banjir di Jakarta

JAKARTA -- Hujan deras yang mengguyur Jakarta kemarin menyebabkan sejumlah wilayah di Jakarta tergenang banjir. Berdasarkan pantauan Tempo, air menggenangi Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Iswahyudi, Lurah Gunung, mengatakan ada lima RT di RW 01 yang terendam air.

Ada sekitar 90-100 keluarga yang rumahnya terkena banjir. Ketinggiannya beragam, sekitar 75 sentimeter hingga satu meter. "Kali ini memang lebih tinggi dibanding biasanya," tutur Iswahyudi. Pihak kelurahan sudah menyiapkan posko pengungsian di kantor kelurahan. "Ada 13 pengungsi terutama lansia," ujarnya. Sedangkan warga lain, kata Iswahyudi, tak mau mengungsi karena sudah biasa menghadapi banjir.

Banjir juga melanda Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan. Sebanyak tiga RW tergenang, yaitu RW 01, 02, dan 03. Yang paling parah adalah RW 03 karena letaknya paling dekat dengan Kali Krukut yang meluap. Sebanyak 15 RT di RW 03 yang berpenduduk 3.125 jiwa semuanya terendam. Ketinggian air mencapai 1,2 meter.

Warga yang ada di dalam rumah tidak bisa keluar dan memilih bertahan karena takut terhadap arus air yang cukup deras. Menurut Raham, Lurah Petogogan, pihaknya telah menyiapkan posko pengungsian di kantor kelurahan. Tapi belum ada yang mengungsi. "Warga sudah biasa menghadapi banjir, jadi belum mau mengungsi," ujarnya.

Asmadi, warga RT 5 RW 3 yang rumahnya terendam air setinggi 1 meter mengatakan air mulai memasuki rumahnya sekitar pukul 14.30 WIB. "Naiknya cepat banget," katanya. Dalam setengah jam, air sudah setinggi lutut. Tapi ia mengakui memang belum mau mengungsi. "Lihat nanti. Sekarang kami menyelamatkan barang dulu," ujarnya.

Beberapa ruas jalan di Jakarta juga terendam air sehingga menyebabkan kemacetan. Data di Traffic Management Center Kepolisian Daerah Metro Jaya menyebutkan setidaknya ada 13 titik genangan air. Untuk wilayah Jakarta Selatan, misalnya, genangan air terjadi di Jalan M.T. Haryono, depan Gelael, di Jalan Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto. Genangan air setinggi kira-kira 30 sentimeter di jalan-jalan tersebut menyebabkan lalu lintas terhambat dan macet.Sofian |FERY FIRMANSYAH| JULI



Post Date : 07 April 2009