Hujan Terus Guyur Jakarta, Jalan Makin Rusak

Sumber:Kompas - 29 Nopember 2004
Kategori:Banjir di Jakarta
Jakarta, Kompas - Hujan yang setiap hari mengguyur Jakarta dan sekitarnya terus menyisakan genangan di sejumlah ruas jalan. Akibatnya, jalan makin rusak dari hari ke hari. Warga mengeluhkan pembangunan infrastruktur jalan yang tidak memadai sehingga selalu rusak ketika musim hujan tiba.

Sejauh pengamatan Kompas hingga Minggu (28/11), jalan beraspal kini mulai berlubang di beberapa titik di Casablanca, Jalan Raya Bogor, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan TB Simatupang, dan banyak lagi, serta sejumlah jalan lingkungan.

Beberapa wilayah Kota Depok dari tahun ke tahun juga terus mengalami kerusakan jalan akibat genangan air di musim hujan. Genangan tersebut terus menggerus lapisan aspal. Pemandangan itu terlihat di Jalan Kartini ujung Jalan Margonda di sebelah selatan. Padahal, pengerasan aspal jalan tersebut baru berlangsung beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Depok Yayan Ariyanto, Kota Depok tidak memiliki saluran-saluran air seperti kota-kota lain dengan saluran air yang dibuat sejak zaman Belanda. Hal itu mengakibatkan prasarana jalan aspal yang tergenang air itu lebih cepat mengalami kerusakan.

Jalan rusak akibat genangan juga terjadi di Kampung Sawah Ciputat, Pamulang II, Jalan Setia Budi arah Reni Jaya, dan Tangerang. Di Bekasi, jalan rusak terlihat mulai dari Jalan Kalimalang hingga Jalan A Yani.

Warga berharap, pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten memperbaiki kualitas jalan. Selain itu, warga juga meminta pemerintah turun tangan untuk melancarkan saluran yang mampet. (IVV/NAW/OSA)

Post Date : 29 November 2004