Identifikasi Bakteri dalam Air Tanah di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah (Studi Kasus: TPA Babakan)

Pengarang:Raymond C. Sastra
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.728 SAS i
Kata Kunci:paper, landfill, TPA sampah – bakteri air tanah, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) adalah tempat untuk menampung sampah dari berbagai lokasi. Penyingkiran dan pemusnahan sampah ke dalam tanah merupakan cara yang selalu digunakan karena biayanya relatif murah, pengoperasiannya mudah dan luwes dalam menerima limbah. Namun, apabila TPA itu tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah baru, antara lain timbulan limbah cair lindi.

Lindi merupakan air sampah yang terkontaminasi akibat hujan yang turun melewati sampah, sehingga membawa bakteri dan bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari air tanah atau air permukaan di sekitarnya. Akibat dari kontaminasi lindi terhadap air tanah adalah berkurangnya kualitas air tanah sehingga air sumur tidak layak untuk dikonsumsi disebabkan oleh pH, kandungan kimia diatas rata-rata serta kemungkinan adanya bakteri patogen yang berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis bakteri yang hidup di sekitar TPA dan mengetahui kemungkinan adanya pencemaran lindi ke dalam air tanah.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 21 Agustus 2009