Identifikasi Pengelolaan Sampah Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus : Pusat Perbelanjaan 1 Tc Cempaka Mas, Kelurahan Sumur Batu, Kec. Kemayoran, Jakarta)

Pengarang:WAHYU PUSPITASARI, NIM. L2J000805
Penerbit:Semarang, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, 2005.
Tahun Terbit:2005
Kata Kunci:pengelolaan sampah terpadu, ITC Cempaka Mas
Lokasi:Perpustakaan PS Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678
Kategori:Karya Ilmiah

ITC Cempaka Mas yang terletak di Jl. Letjen Suprapto, Jakarta Pusat adalah pusat perbelanjaan dengan sistem grosir dan merupakan pusat bisnis gorsir terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan seluruh kebutuhan masyarakat. Tahapan awal penelitian adalah pengumpulan data dan literatur, dilanjutkan dengan pengambilan sampah secara acak sebanyak 1 m3, pemilahan dan pengukuran volume serta komposisinya, setelah itu dilakukan perencanaan manajemen pengelolaan sampah yang berdasarkan pada hierarki pengelolaan sampah terpadu. Penerapan pengelolaan sampah tersebut di pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas dapat mengurangi volume sampah yang dihasilkan lebih dari 50 % per hari. Sehingga akan berdampak juga pada penurunan kebutuhan akan lahan TPA dan biaya pengangkutan. Biaya operasional pengelolaan ini membutuhkan biaya lebih tinggi tetapi setelah dikurangi dengan pendapatan dari hasil pengolahan seperti pengomposan dan penjualan barang lapak, pengelolaan ini dapat menghemat biaya sebesar Rp 21.760.235/bulan dari biaya operasional eksisting. 

Pustaka ini tersedia di Perpustakaan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678 (Ibu SRI)

 



Post Date : 05 Januari 2009