Indonesia Membawa Tiga Agenda Penting

Sumber:Kompas - 08 Desember 2009
Kategori:Climate

Jakarta, Kompas - Dalam konferensi PBB untuk perubahan iklim di Kopenhagen, Denmark, delegasi Indonesia memperjuangkan tiga agenda agar disepakati.

Agenda-agenda itu adalah target penurunan emisi rata-rata 40 persen oleh negara maju sesuai Bali Action Plan, mendorong disepakatinya implementasi mekanisme reducing emission from deforestation and degradation, serta memasukkan isu kelautan menjadi isu sentral dalam perubahan iklim sebagaimana tertuang dalam Manado Ocean Declaration.

Pernyataan Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, disampaikan melalui siaran pers KNLH, Senin (7/12). Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim Rachmat Witoelar mengatakan, ”Salah satu strategi Indonesia adalah proaktif dengan menurunkan emisi 26% pada tahun 2020 dari business as usual.”

Hal ini diharapkan memicu negara maju berkomitmen dan mendorong negara berkembang lain untuk sukarela menurunkan emisi. Dilengkapi dengan strategi nasional untuk menurunkan emisi tersebut, Indonesia mempunyai amunisi cukup untuk mendorong tercapainya konsensus internasional. Indonesia memegang peranan penting dalam negosiasi dan diharapkan bisa menjembatani berbagai kepentingan, antara negara maju dan negara berkembang. (*/YUN)



Post Date : 08 Desember 2009